Lifestyle
12 “Official Theme Song Asian Games 2018”, Mana yang Paling Bikin Semangat?
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Perhelatan pesta olahraga kedua terbesar di dunia, khususnya untuk kawasan Asia semakin dekat. Tahun 2018 ini, Indonesia menjadi tuan rumahnya. Pastinya, banyak hal yang dibenahi. Mulai dari fasilitas umum, tempat atlet menginap hingga tempat para atlet berlaga.

Dengan keberagaman yang dimiliki, Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para atlet luar negeri, baik budaya, musik, hingga lagu.  Anda tentu pernah dengar lagu atau musik kan di setiap perhelatan olahraga, contohnya saja Asian Games. Mungkin di beberapa negara, lagu-lagu yang ditonjolkan punya kekhasan tersendiri. Kekhasan itu dapat mewakili rasa nasionalisme dan ciri negara tempat terselenggaranya perhelatan tersebut. Ini yang biasa kita sebut Official Theme Song. Sudah tidak diragukan lagi kalau di setiap event atau ajang olahraga tertentu, ada lagu-lagu official-nya. Tak jauh beda dengan Asian Games 2018 ini, adanya lagu-lagu tersebut dapat membawa dan memberikan energi baru, semangat baru, bahkan kekuatan dan rasa gembira untuk atlet, negara penyelenggara, dan orang-orang yang berkecimpung di dalamnya. Di Asian Games 2018, penyelenggara resmi yaitu negara kita Indonesia, telah menyiapkan 12 lagu yang menjadi Official Theme Song Asian Games 2018. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri juga kontribusi dunia musik untuk mendukung olahraga di Indonesia. Masing-masing lagu punya magnet tersendiri di telinga pendengarnya. Mulai dari theme song yang berirama dangdut modern hingga theme song bernuansa rock. Artis-artis papan atas Indonesia pun ikut serta meramaikan theme song tersebut. Nah, ini dia beberapa theme song Asian Games 2018, mana favoritmu?

Sumber: Youtube

Energy18 – Bright As The Sun

Bisa kita simak nih awal mula lagu yang dinyanyikan Ariel “Noah”, Ryan “D’Massive”, Iman “J-Rock”, Tantri “Kotak”, Cita Citata, Anji, Rizal “Armada”, Cakra Khan, Shery, Once Meikel, GAC, Ikke Nurjanah, Naga “Lyla”, Rossa, PIA, Afgan, Delon, dan beberapa artis ibukota lainnya dengan lirik yang menggugah. Jadi ya, kalimat-kalimat dalam lagu ini menggugah kita sebagai bangsa Indonesia  bahwa kita bisa kibarkan bendera negara di atas tiang tertinggi dan tentunya perbedaan yang terjadi di dalam bangsa kita sendiri bukan alasan untuk tidak saling menopang saat meraih tujuan, cita-cita,  juga harapan.

Sumber: Youtube

Slank Feat Dipha Barus – (Non Political) Asian Dance

Nah, Slank feat Dipha Barus untuk lagu (Non Political) Asian Dance ini pun asyik juga lho ternyata. Ada campuran sedikit dangdut, jadi bisa nambah semangat buat nonton Asian Games nanti. Apalagi, grup musik Slank sudah lama malang melintang di dunia musik tanah air. Setiap lagu yang dibawakannya menjadi hits berlirik ringan dan mudah dihapal.  Mau tahu liriknya seperti apa? Kalian juga bisa berselancar di Youtube untuk mendengarkan alunan musik dan lagu theme song Asian Games 2018 dari Slank Feat Dipha Barus ini. Slank dengan liriknya yang ringan, tapi mampu memompa semangat. Cita rasa lagunya pun easy listening dan tetap dengan karakter Slank yang makin matang dengan kritik sosial yang tetap asyik.

Sumber: Youtube

Janger Persahabatan Nev+, Ariel, Dea

Siapa yang tak kenal Ariel? Kiprah musiknya di tanah air sudah tidak diragukan lagi. Banyak lho lagu-lagu hits yang dia hasilkan. Nah, di lagu “Janger Persahabatan”  Official Theme Song Asian Games 2018 ini, dia berkolaborasi bersama Nev+ dan Dea. Syair lagunya penuh rasa gembira dan mengajak setiap pendengar untuk bergoyang. Beberapa unsur etnik masuk di dalamnya, seperti gamelan Bali dengan tarian kecaknya, tarian dengan baju adat Lampung secara siluet, juga ada tarian dengan baju adat Papua. Kebersamaan dan semangat menjelma di lagu ini. Coba deh dengarkan syair lagunya.

Sumber: Youtube

Unbeatable – JFlow – Dira Sugandi

Hentakan musiknya saja sudah bikin kita goyang. Syair lagunya pun membangkitkan semangat juang tinggi. Lagu Unbeatable ini membangkitkan semangat nasionalis bangsa Indonesia banget. JFlow dan Dira Sugandi memberikan energi baru di setiap kalimat lagu. Penuh makna dan nuansa spirit dibangkitkannya. Jadi, tidak ada kata untuk tidak mendukung Asian Games 2018 ini, kan? JFlow dan Dira Sugandi memang tidak diragukan lagi kepiawaiannya dalam bernyanyi. Nah, di lagu ini, mereka berkolaborasi dengan manis. Mampu memberi nyawa dan kekuatan di setiap kalimat lagu. Tambah bikin semangat kan lagu duo keren ini?

Sumber: Youtube

GAC – Cita Kita

Gamaliel Audrey Cantika (GAC) dengan “Cita Kita” membuka irama musik salah satu Theme Song Asian Games 2018 ini dengan nuansa ceria reggae. Energi yang mendengar pun serasa dibangkitkan dan hidup. Iramanya buat kita yang mendengar jadi pengen bergoyang. Coba deh dengerin, easy listening banget di telinga dan ceria. GAC dengan tiga personil di dalamnya mampu berbagi rasa dan menyalakan semangat untuk pendengar setianya. Bagaimana setiap bait lagu menjadi pompa keberhasilan.

Sumber: Youtube

Bukan Anak Kemarin Sore – Armada

Nuansa musik dan lagu yang memberi semangat dari Armada ini pun mampu membangkitkan spirit pendengarnya. Keceriaan keluar dari irama musiknya. Mengajak kita untuk tidak angkuh dan terus menebar semangat, buktikan diri kepada siapapun dengan cara yang baik. Lirik lagunya mengingatkan kita kepada pepatah, “Sedikit bicara banyak bekerja”. Bikin semangat kan?

“Aku Bukan Anak Kemarin Sore”. Jangan samakan ya teman-teman Indonesia dengan anak kemarin sore alias masih bau kencur. Semangat diri atlet dan bangsa Indonesia mendukung calon-calon juaranya bisa  banget hadir di lagu ini. Aku akan buktikan kepadamu, tak banyak bicara, akulah yang pasti juaranya.

Sumber: Youtube

Via Vallen – Meraih Bintang

Indonesia itu identik dengan musik dangdut.  Salah satu Theme Song Asian Games 2018 ini adalah “Meraih Bintang” yang dinyanyikan oleh pedangdut Via Vallen. Tentu ada alasan mengapa lagu beraliran musik dangdut ini dipilih. Hal ini agar masyarakat kita bisa bergoyang bersama untuk mendukung Asian Games 2018. Via Vallen sosok penyanyi dangdut muda penuh talenta luar biasa. Kalau dilihat perjalanan musiknya sangat memberi pengaruh di musik dangdut tanah air. Musikalitasnya pun sudah tidak diragukan lagi. Mau dengerin petikan syair lagu “Meraih Bintang”? Langsung aja meluncur ke Youtube dengan ketik Official Theme Song Asian Games 2018, pasti Via Vallen langsung muncul. Nuansa Dangdut yang menjadi jati dirinya sekaligus bangsa Indonesia begitu erat melekat. Alhasil, dangdut melangkah menjadi musik dunia dalam Theme Song Asian Games 2018 ini melalui dirinya.

Sumber: Youtube

Indonesia Berpesta – Anji

Anji, selalu mendayu kalau membawakan lagu. Tapi untuk lagu ini, semangatnya muncul ke permukaan. Lirik lagu “Indonesia Berpesta” seperti pertanda Indonesia akan juara. Anji memompa semangat dan berbagi energi di lagu ini untuk atlet-atlet dan masyarakat Indonesia. Coba deh dengerin lirik lagunya, otomatis semangat langsung bangkit.

Sumber: Youtube

Asia’s Who We Are – Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati pun tak kalah menarik dari Via Vallen dan artis lainnya. Energy Of Asia dia keluarkan untuk lagu yang berjudul “Asia’s Who We Are”. Ya, kobaran semangat dia luncurkan untuk siapapun yang mendengarkan lagu ini.

Sumber: Youtube

Dance Tonight – JFlow & Bunga Citra Lestari

Lagi-lagi JFlow, tapi kali ini berkolaborasi dengan Bunga Citra Lestari (BCL). Duo ini mengajak masyarakat Indonesia turut serta ramai berdansa lewat musik. Penanda semangat meraih juara terselip dalam lagu ini. Dansa menjadi pertanda kemenangan dan kebahagiaan. Mendengarkan lagu ini, gairah hidup kembali mencuat. BCL dan JFlow memberi sentuhan indah di setiap lirik. Ada sedikit nuansa Rap dari JFlow yang memberi semangat kehidupan. Semoga, semangat juang dan akhirnya juara diraih lantas berdansa akan terwujud nyata untuk atlet-atlet Indonesia yang berjuang membela negara.

Sumber: Youtube

Be Alright – Afghan

Afghan yang digandrungi anak muda, pas banget membawakan lagu “Be Alright” ini. Patahan-patahan lirik lagu dengan suara beratnya, tetap mampu memberi kekuatan semangat kepada siapapun yang mendengarnya. Lirik lagu ini mengingatkan kejadian yang pernah terjadi sebagai proses pendewasaan hati. Nah, kalau di Tim Indonesia tidak mencapai kemenangan anggap saja sebagai satu pelajaran agar terus belajar dan semangat. Afghan berikan kekuatan dalam lirik lagu untuk memacu kebersamaan semangat atlet dan bangsa Indonesia. Coba deh dengarin lirik lagunya.

Sumber: Youtube

Menaklukkan Dunia – Once Feat Shakira Jasmine

Musikalitas Once feat Shakira Jasmine ini tidak tidak diragukan lagi. Lirik lagunya memberi pesan moral yang cukup dalam di telinga pendengarnya. Benar adanya ya, jangan pernah menyerah untuk menaklukkan dunia. Kebersamaan dan jiwa semangat berjuang mengalir dalam lagu ini. Jangan putus asa, itu benar sekali. Berjuang, tetes semangat perlu terus dikobarkan. Semangat untuk atlet-atlet Indonesia yang akan berjuang membela negara dicuatkan dalam lagu ini.

Lagu-lagu Official Theme Song Asian Games 2018 ini tentunya memberi ruang tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Bagaimana setiap kalimat dalam lagu memberikan kobaran semangat, kekuatan, kebersamaan, dan perjuangan.

Membawa rakyat Indonesia bergembira, bersuka dalam segala aktivitas. Asian Games 2018 memberi energi baru untuk pemerintah Indonesia khususnya dan rakyat Indonesia umumnya melalui Theme Song yang dinyanyikan.  Perpaduan nuansa musik yang sarat makna, tak sekadar lagu, tetapi banyak pesan yang terkandung di dalamnya menjadi pemicu tersendiri untuk nanti atlet-atlet negeri ini membela negara di kancah Asia khususnya dan dunia.

 
This Page is Under Construction