Food
5 Karbohidrat Pengganti Nasi untuk yang Sedang Diet Nasi
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Anda yang sedang diet biasanya akan mengurangi nasi atau tidak makan nasi sama sekali. Apalagi sekarang ada tren diet keto yang tidak memperbolehkan konsumsi nasi. Padahal, jika tidak pintar mengolah menu makan, Anda hanya menjadi kelaparan karena tidak mengonsumsi karbohidrat. Nah, kalau Anda takut kelaparan jika tidak mengonsumsi nasi, banyak kok sumber karbohidrat pengganti nasi yang tidak membuat gemuk. Malahan, bahan makanan ini bisa dinikmati dengan sayur dan lauk-pauk seperti biasa. Berikut beberapa di antaranya.

Sumber: Instagram

Kentang Kentang sudah lama menjadi bahan makanan pengganti nasi. Sebab, tanaman umbi ini memiliki indeks kenyang paling tinggi dibandingkan nasi merah atau roti gandum. Entah dipanggang atau direbus, kentang tetap mengandung vitamin, serat, dan nutrisi lain seperti kalium, zat besi, fosfor, dan folat. Kentang juga mudah diolah menjadi hidangan yang sedap. Anda bisa menikmati kentang dalam sup sayur, selat solo, salad kentang, atau baked potato. Jangan lupa lahap juga kulit kentang jika Anda memanggangnya, karena pada kulit itulah terletak kandungan zat besinya.

Sumber: Instagram

Kembang kol Buat yang mau diet keto tapi suka rindu nasi, nasi kembang kol bisa jadi solusi. Selain populer dimasak sebagai cap cay, kembang kol ternyata juga bisa diolah menjadi nasi atau sup krim. Cara membuat nasi kembang kol mudah; buang bagian tengah kembang kol, lalu hancurkan bunganya menjadi butiran kecil. Tumis dengan rajangan bawang merah dan bawang putih. Tambahkan garam atau rempah lain sesuai selera, lalu masak selama 15 menit. Setelah masak, tinggal tambahkan sayur dan lauk-pauk seperti biasa. Kalau Anda sering mengalami sembelit, kembang kol juga baik dikonsumsi karena kandungan seratnya tinggi. Sayuran in juga kaya folat, kalsium, serta vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sumber: Instagram

Ubi jalar Ubi jalar atau ketela rambat juga termasuk tanaman umbi yang mengenyangkan. Kandungan gizi terbesarnya adalah magnesium dan kalium, selain vitamin A, B6, dan C. Anda mungkin hanya menikmatinya saat diolah menjadi kolak atau digoreng bersama gorengan lain, padahal ubi juga gampang disulap menjadi olahan lain. Sebagai cemilan, Anda bisa mengolahnya menjadi bola ubi kopong, puding ubi jalar, stik ubi, atau donat. Sebagai makanan berat, Anda membuat sup ubi yang merupakan resep hidangan khas Makassar, Palu, atau Manado. Campurannya antara lain mie, kecambah, daging sapi, dan paru.

Sumber: Instagram

Jagung Banyak yang tidak tahu, ternyata jagung itu salah satu penghasil karbohidrat terpenting di dunia. Tidak heran di Madura, yang merupakan sentra penghasil jagung di Jawa Timur, orang biasa menyantap nasi jagung yang disebut nasi ampok atau sego ampok. Kandungan gizi dalam jagung sangat beragam, tetapi kandungan yang paling tinggi adalah magnesium. Mengkonsumsi magnesium membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit diabetes dan darah tinggi. Lantas apa lauk yang enak untuk disantap dengan nasi jagung? Banyak! Umumnya sih, urap-urap, kuluban, terong, sayur lodeh, ikan asin, ikan tongkol, bakwan jagung, juga rempeyek.

Sumber: Instagram

Kacang hijau Ketika dimasak, kacang hijau menghasilkan rasa yang manis. Karena itu kacang hijau sering menjadi isian kue, seperti onde-onde, bakpau, atau bakpia. Bubur kacang hijau yang legit dan hangat juga biasa menjadi menu sarapan. Kacang hijau yang kaya protein, serat, folat, vitamin B, B6, juga bisa menjadi hidangan yang lebih mengenyangkan ketika dimasak menjadi sup daging kacang hijau. Kalau kurang kenyang, tambahkan kentang dan wortel. Bisa juga diolah menjadi gulai kacang hijau dan disantap bersama roti Maryam khas kawasan Ampel, Surabaya.

Nah, sudah tidak khawatir lagi kan menyantap karbohidrat? Karena ada banyak karbohidrat pengganti nasi yang bisa jadi pilihan.
This Page is Under Construction