Family
5 Manfaat Mengajak Anak Silaturahmi Saat Lebaran
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Saat ini, banyak keluarga yang merayakan Lebaran dengan berlibur ke luar kota atau ke luar negeri. Karena toh, mengucapkan selamat Lebaran bisa disampaikan melalui telepon atau pesan pendek. Namun jika Anda belum punya rencana liburan, tak ada salahnya mengajak anak berlebaran bersama keluarga besarnya. Karena, ada beberapa manfaat mengajak anak silaturahim saat Lebaran.

Sumber: Family Fimela

Mengajarkan anak meminta maaf Bermaaf-maafan adalah salah satu tradisi yang dilakukan saat Lebaran. Maka silaturahmi menjadi momen yang tepat bagi anak untuk belajar saling memaafkan dengan anggota keluarga besarnya. Meminta maaf pada Kakek-Neneknya karena tidak rajin menelepon, misalnya. Harapannya, kebiasaan baik ini akan berlanjut hingga ia besar nanti.

Sumber: Designed by Freepik

Mengajak anak mengenal keluarga besarnya

Lebaran menjadi saat untuk berbagi kebahagiaan dan kebersamaan dengan keluarga besar. Apalagi jika Anda tinggal berjauhan dengan orangtua dan saudara kandung. Anak bisa diperkenalkan dengan Kakek-Nenek, Paman, Bibi, sepupu, dari pihak Ayah maupun Ibunya. Saat mengenalkan, sampaikan juga cerita-cerita lucu tentang masa kanak-kanak Anda.

Sumber:Designed by Freepik

Membiasakan anak untuk berbagi Jika Anda biasa membawakan oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga besar, di sini Anda sekaligus dapat menunjukkan pada anak nikmatnya berbagi. Sebab, ia mungkin harus menyisihkan makanan kesukaannya untuk anggota keluarga lain, bahkan mungkin tetangga atau petugas kebersihan masjid.

Sumber: Tirto

Mengenalkan anak pada tradisi Lebaran Beda tempat, beda pula kebiasaannya. Kalau kebetulan keluarga besar Anda tinggal di kota lain, ini kesempatan untuk mengenalkan anak pada tradisi Lebaran di tempat tinggal saudara-saudaranya. Bukankah mudik itu sendiri merupakan salah satu tradisi Lebaran di Indonesia? Kenalkan juga pada tradisi lain seperti ziarah ke makam sesudah shalat Ied, silaturahmi ke keluarga besar, dan lain sebagainya.

Sumber: Designed by Freepik

Memberikan kenangan akan meriahnya Lebaran Saat Lebaran pasti Anda akan bebersih rumah dan memasak hidangan Lebaran. Ajak anak untuk ikut membersihkan rumah, bahkan mungkin membuat dekorasi di ruang tamu. Minta juga mereka untuk ikut menyiapkan dan memotong bahan-bahan untuk memasak. Dengan semua kegiatan tersebut, anak akan selalu mendapatkan kenangan berkesan tentang suasana Lebaran.

This Page is Under Construction