Food
7 Ide Mengolah Sisa Hidangan Lebaran Serba Praktis
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Saat Lebaran, Anda mungkin akan memasak hidangan untuk para tamu. Atau, mendapat kiriman makanan dari keluarga besar. Setelah dua hari berlalu, hidangan Lebaran mungkin masih melimpah. Agar tidak bosan menyantap sajian yang sama, ada baiknya Anda mengolah sisa hidangan Lebaran menjadi suguhan yang baru.

Sumber: Sajian Sedap

Nasi goreng rendang Ini olahan sisa hidangan Lebaran yang paling praktis. Masih ada sisa rendang daging di lemari es? Gunakan bumbunya yang lezat untuk bumbu nasi goreng. Suwir-suwir juga dagingnya lalu campurkan dengan nasi goreng rendang tadi.

Sumber: Awhasyim

Gado-gado ketupat Bosan makan ketupat? Potong-potong saja seukuran potongan lontong, lalu tambahkan sayuran seperti tauge, mentimun, kacang panjang, kentang rebus, serta tahu dan tempe goreng untuk dijadikan gado-gado betawi. Bisa juga dijadikan teman makan pecel.

Sumber: Cookpad

Nasi bakar kentang ati Sisa sambal goreng kentang ati atau sambal goreng printil yang lezat bisa Anda tambahkan untuk isian nasi bakar atau arem-arem. Penggunaan kentang dalam nasi bakar membuat sajian ini makin mengenyangkan.

Sumber: Sajian Sedap

Risoles rendang Olahan sisa hidangan Lebaran lainnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan kembai sisa rendang. Yaitu, untuk dijadikan isian risoles atau lumpia. Caranya, sisihkan bumbu rendangnya (bisa dijadikan nasi goreng), lalu iris-iris dagingnya untuk isi risoles.

Sumber: Resep Kuliner 23

Balado terong printil daging Sisa sambal goreng printil daging juga bisa Anda manfaatkan untuk campuran balado terong. Sedikit hancurkan bola dagingnya agar kembali seperti daging giling. Kemudian buat bumbu balado seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe keriting, tomat, tambahkan terasi jika suka.

Sumber: Sajian Sedap

Balado ayam suwir Kalau ada sisa opor ayam tetapi Anda sudah bosan menyantap hidangan bersantan, coba olah dengan citarasa yang pedas. Bersihkan bumbu-bumbu opor yang masih menempel pada daging ayam, lalu suwir-suwir sisa dagingnya. Olah dengan bumbu balado seperti biasa.

 

Sumber: Sajian Sedap

Ayam goreng opor Opor ayam yang masih tersisa juga bisa dinikmati tanpa kuah opornya yang mungkin sudah mulai bikin eneg. Namun, bumbu yang sudah meresap ke daging ayam akan membuatnya jadi ayam goreng yang lezat.

Mengolah sisa hidangan Lebaran memang tidak perlu susah. Cukup pikirkan masakan sehari-hari yang bisa dipadukan dengan sisa ketupat, rendang, opor ayam, sambal goreng ati, dan lain sebagainya.

This Page is Under Construction