Family
7 Langkah Mengajak Anak Menyiapkan Liburan Keluarga
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Melibatkan anak dalam merencanakan liburan tentu akan menambah semangat dan minat mereka. Bahkan, masukan dari mereka mungkin akan lebih menarik daripada yang Anda bayangkan. Selain mengajarkan keterampilan mengelola kegiatan, mengajak anak menyiapkan liburan keluarga juga akan membuat mereka merasa penting dan dihargai. Bagaimana langkah-langkah melibatkan anak merencanakan liburan keluarga?

Sumber: Designed by Freepik

Ajak anak menetapkan tujuan liburan mereka Karena liburan sekolah ini untuk mereka, beri mereka keleluasaan untuk memilih tempat tujuannya. Tentunya, dengan pilihan yang dibatasi sesuai budget yang Anda tentukan. Entah itu ke Bromo, Bali, Lombok, dan sebagainya. Apakah mereka ingin ke tempat berhawa dingin (pegunungan), panas (pantai), atau kota.

 

Sumber: Designed by Freepik

Tentukan jenis kegiatan yang mereka inginkan Apakah mereka ingin bermain di playground atau water park? Atau wisata budaya yang membuat mereka dapat melihat situs-situs budayaseperti di buku pelajaran? Atau kegiatan yang bersifat petualangan, seperti trekking, tubing, atau arung jeram? Atau ingin melihat-lihat museum atau planetarium? Biarkan setiap anak memilih setidaknya satu kegiatan yang mereka inginkan.

Sumber: Designed by Freepik

Minta mereka mempertimbangkan dana yang tersedia Anda tentu sudah menyisihkan anggaran khusus untuk liburan. Meskipun begitu, tentukan prioritas mengenai apa yang boleh didapatkan dengan membayar lebih daripada yang lain. Dengan memberi gambaran mengenai dana yang terbatas, hal itu juga akan mengajarkan anak bahwa menabung untuk liburan itu butuh waktu dan kemauan.

 Sumber: Designed by Freepik

Ajak mereka browsing di internet Riset menjadi bagian penting dari mengajak anak merencanakan liburan keluarga. Mereka bisa mencarinya dari buku-buku wisata, media sosial, blog, situs wisata, atau di YouTube untuk melihat kondisi tempat wisata secara langsung. Minta mereka membuat catatan mengenai kelebihan dan kekurangan tempat yang mereka inginkan.

Sumber: Designed by Freepik

Tunjukkan lokasi wisata yang dipilih di peta Berikan peta tempat tujuan wisata, dan lingkari lokasi beberapa kegiatan yang sudah mereka pilih. Beritahu mereka jarak antara tempat yang satu dengan yang lain, dan beri pilihan apakah mereka akan mencapainya dengan berjalan kaki, atau naik kendaraan umum. Beri juga gambaran mengenai waktu tempuhnya.

Sumber: Designed by Freepik

Buat itinerary Anak-anak yang lebih besar bisa diajak menyusun itinerary atau jadwal perjalanan liburan. Itinerary akan memudahkan seluruh keluarga untuk menjalankan kegiatan selama liburan. Anda bisa menggunakan aplikasi penyusun kegiatan seperti Travefy, TripIt, atau Pana. Meskipun begitu, tetaplah fleksibel dalam menetapkan jadwal, karena anak-anak yang lebih kecil juga butuh istirahat.

Sumber: Designed by Freepik

Tetaplah memegang kendali untuk keputusan akhir Bagaimana pun, Anda lah yang tahu apa yang terbaik bagi anak. Karena itu, jika masih ada perbedaan pendapat antara anak yang satu dengan yang lain, Anda bisa menengahi dengan memberikan pendapat Anda. Setelah itu, keputusan akhir tetap di tangan Anda dengan mempertimbangkan kepentingan semua anggota keluarga.

Asyik bukan, melibatkan anak dalam menyiapkan liburan keluarga?

This Page is Under Construction