Food
7 Olahan Kambing Selain Sate, Tongseng dan Gulai
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Menyambut Hari Raya Idul Adha, Anda pasti sudah bersiap dengan resep gulai, tongseng, atau sate kambing. Tetapi jika sudah bosan atau tak sempat memasak berbagai hidangan tersebut, Anda bisa mencoba olahan daging kambing yang lain.

Sumber: Instagram

Kambing guling umum ditemui sebagai salah satu hidangan untuk resepsi perkawinan, atau setidaknya di restoran hidangan Timur Tengah. Namun kini ada kambing guling yang bisa Anda santap per porsi dari Bakaraloka Food Truck. Disajikan dengan nasi rempah di dalam paper bowl yang praktis, kambing guling ini bisa Anda dapatkan saat Bakaraloka sedang mengikuti bazaar atau festival kuliner di mall-mall di Jakarta.

Sumber: Instagram

Kambing oven merupakan salah satu sajian legendaris di Restoran Mesir Cairo di Batu, Malang, yang sudah berdiri sejak 1953. Di restoran ini, kambing oven dibungkus dengan alumunium foil saat dioven dan dimasak hingga empuk. Sedangkan di Restoran Yaman Kuliner, Surabaya, ada pula kambing oven yang disajikan di atas hot plate. Menggunakan daging paha kambing muda yang dimasak dengan pilihan bumbu kecap, madu, atau rica-rica.

Sumber: Instagram

Ada banyak cara untuk menikmati daging kambing! Di direstoran Zin Hokkaido Shabu-shabu & Grill, Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan, daging kambing yang sudah berupa lembaran-lembaran tipis langsung dipanggang di meja Anda dengan alat pemanggang berbentuk cembung. Kemudian kambing bakar ini dinikmati dengan enam pilihan saus celupan, dari saus original, kacang, bawang, kecap, pedas, dan green tea.

Sumber: Instagram

Restoran Timur Tengah umumnya menyajikan hidangan berbahan dasar nasi seperti nasi kebuli (nasi kabli), nasi mandhi, nasi biryani, dan nasi kabsah. Masing-masing memiliki citarasa yang berbeda. Nasi mandhi cenderung gurih karena dimasak dengan kaldu kambing, sedangkan nasi biryani yang dimasak dengan bumbu kari ternyata cenderung pedas. Di restoran Sultan, Ruko Versailles, Bumi Serpong Damai, Anda bisa menemukan nasi mandhi dengan pilihan daging ayam atau kambing.

Sumber: Instagram

Nasi ala Timur Tengah selalu memakaiberas basmati yang bentuknya panjang-panjang. Jenis nasi ini pula yang digunakan di restoran Al-Jazeerah, Jl. Raden Saleh Raya, Jakarta Pusat. Di sini Anda bisa menikmati Nasi Kabsah Lahm dengan dua potongan daging kambing yang besar dan lembut (lahm dalam Bahasa Arab artinya kambing). Tidak seperti nasi mandhi yang cenderung gurih, nasi kabsah cenderung terasa asam manis karena dimasak dengan tomat.

Sumber: Instagram

Kalau Anda penggemar steak, bisa mencoba lamb chop di Andakar Steak yang disuguhkan dengan sayuran seperti wortel, buncis, dan jagung, dengan kentang goreng atau mashed potato. Restoran ini juga menawarkan menu kambing guling dan lamb shank. Nama-nama ini menunjukkan jenis potongan dagingnya. Lamb chop diambil dari iga, pinggang, atau pundak kambing, sedangkan lamb shank diambil dari tulang kering dan betis kambing.

Sumber: Instagram

Sate klathak khas Yogyakarta menjadi istimewa karena hanya dibumbui garam dan lada. Tetapi jika suka, sekarang Anda bisa mencoba Sate Klathak Mozzarella yang dihidangkan di Warung Nglathak, Jalan Gambiran Karangasem Baru, Sleman,  Yogyakarta. Sate klathaknya makin gurih karena dilumuri keju mozzarella dan disiram kuah gulai. Kalau kurang puas dengan kejunya, masih ada pilihan Sate Klathak Mozza Xtra dengan ekstra keju.

Semoga momen Idul Adha Anda semakin berkesan dengan olahan daging kambing ini, ya.

This Page is Under Construction