Food
7 Variasi Es Campur yang Jadi Best Seller di Restoran
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Rasanya, hampir semua daerah di Indonesia punya variasi es campur. Es doger, es teler, es oyen, es shanghai, es kacang merah, es cendol (di Jawa biasa disebut es dawet), dan lain sebagainya. Pada dasarnya, es campur ini memakai kuah dari campuran sirup, susu kental manis, santan, atau campuran santan dan gula merah. Isinya bermacam buah, agar-agar, roti, ketan hitam, cincau, hingga meises. Penggunaan buah tentunya memberi rasa segar bagi kuahnya yang sudah manis.

Di siang hari yang panas, es campur tentu jadi pemuas dahaga. Sore-sore saat ingin ngemil, es campur juga boleh dicoba. Kalau sedang ke mall, jangan lupa cicipi variasi es campur yang selalu jadi best seller ini.

Sumber: Instagram

Es Campur (Seribu Rasa, Lippo Mall Puri/ Lippo Mall Kemang) Dari penampakannya, es campur ini juga memberi “seribu rasa”. Karena ada berbagai buah seperti nangka, papaya, kelapa muda, alpukat, juga cincau, biji selasih, yang bikin segar. Kuah sirup yang manis atau santan gurih bikin rasanya makin rame! Ngomong-ngomong, biji selasih itu banyak manfaatnya, lho. Biji tanaman kemangi ini mengandung antioksidan yang baik untuk mengontrol asam lambung, gula darah, dan melancarkan pencernaan.

Sumber: Noble House

Es Cincau Hijau (Nona Manis, Lippo Mall Kemang) Cincau hijau terkenal sebagai “obat” panas dalam dan menyehatkan pencernaan. Harganya murah, karena itu banyak dijual di tukang es kaki lima. Namun di restoran, es cincau hijau jadi naik kelas. Di restoran Nona Manis, es cincau hijau diberi topping buah-buahan seperti nangka, mangga, dan alpukat. Mau mencicipi es campur lainnya, silakan coba Thai Red Ruby yang bisa ditambah es krim atau mangga.

Sumber: Nibble id

Es Teler (Kopi Legit, Plaza Semanggi) Diberi nama es teler karena dulunya es ini isinya campur aduk, saking enaknya sampai bikin orang teler. Hahaha….  Pada dasarnya, es teler isinya es serut, berbagai buah seperti nangka, alpukat, kelapa muda, atau melon, juga kolang-kaling, cincau, mutiara, sampai roti. Kalau sekarang sih, isinya kadang tidak sebanyak itu. Di Kopi Legit, Anda juga bisa menikmati es campur, es cincau hitam, atau es cendol.

Sumber: Instagram

Es Kacang Hijau (Kafe Betawi, Lippo Mall Puri) Kacang hijau ternyata tidak hanya bisa diolah sebagai bubur. Untuk campuran es, ternyata juga cocok! Makanya di Kafe Betawi, ada yang namanya es kacang hijau. Potongan cincau hitam, kelapa muda, nanas, dan buah atep juga ditambahkan untuk pelengkap. Kalau mau variasi es campur lainnya, ada juga es doger yang aslinya dari Bandung. Es doger ini kuahnya pakai susu, isinya parutan kelapa, alpukat, tape, sampai ketan hitam.

Sumber: Instagram

Ice Pandan Jelly (Kitchenette, Lippo Mall Kemang) Manisnya pas, isinya cukup mengenyangkan, dan yang penting, segeeer…. Ice Pandan Jelly ini memang salah satu menu Kitchenette yang disajikan saat Ramadan lalu. Berharap saja ya, es pandan yang wangi ini juga disajikan saat hari-hari biasa. Kalaupun tidak, restoran ini juga menawarkan Ice Pisang Ijo, Ice Coklat Kacang, atau Ice Cendol Milkshake, yang semuanya segar!

Sumber: Instagram

Es Cendol Durian (Seroeni, Lippo Mall Puri) Bulir-bulir cendol atau dawet dibuat dari tepung beras dan diberi pewarna hijau dari daun pandan atau daun suji. Kalau sekarang sih, menggunakan pewarna makanan. Nah, es cendol itu dinikmati dengan kuah santan dan gula merah cairnya saja sudah enak. Apalagi kalau ditambah topping seperti nangka atau durian. Mewah! Seroeni juga menghidangkan es kacang dan es grassjelly untuk Anda yang gemar minuman dingin.

Sumber: Instagram

Es Jelly Medan (Marco Padang, Lippo Mall Puri) Es jelly medan ini terbuat dari es serut yang diguyur sirup dan susu kental manis. Isinya buah (termasuk buah naga dan rambutan), nata de coco, dan agar-agar. Lumayan menyegarkan kan, setelah menikmati hidangan yang bersantan? Kalau ingin yang lebih simpel tapi tak kalah memuaskan, coba es durian Marco Padang yang menggunakan durian terbaik dari tanah Minang.

Sumber: Instagram

Es Suling Bambu, (Riung Sunda, Lippo Mall Puri) Namanya unik, ya? Es campur ini merupakan perpaduan dari rasa kelapa muda, alpukat, nangka, dan ketan item. Hm…. Ketan itemnya ini pasti jadi pelengkap yang memuaskan para penggemar ketan item. Nah, kalau es mega mendung itu apa? Bahan utamanya terletak pada kuahnya yang merupakan campuran susu kental manis dan minuman bersoda. Kalau topping-nya bisa apa saja, buah dan cincau tetap jadi pilihan.

 Sumber: Instagram

Es Merah Delima (Sate Khas Senayan, Lippo Mall Puri) Sesuai namanya, es merah delima ini didominasi warna merah segar. Padahal isiannya tidak semua berwarna merah. Ada bengkuang, nata de coco, cincau, dengan kuah campuran sirup, susu kental manis, dan es serut. Sedangkan warna merahnya didapat dari pewarna makanan. Nggak cukup satu gelas? Coba deh es coklat kacang merahnya yang legit, atau es tape, es blewah, dan es cincaunya yang segar.

Hm… jadi pingin kan, mencicipi variasi es campur di restoran ini?
This Page is Under Construction