Food
9 Olahan Pempek Kekinian, dari Pempek Nutella sampai Pempek Cordon Bleu
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Penggemar kuliner di Indonesia saat ini makin berani bertualang rasa. Itu sebabnya para pembuat pempek kini tertantang membuat inovasi untuk adonan pempek maupun isiannya. Makanan khas Palembang ini sekarang tak hanya menawarkan gurihnya ikan tenggiri, tetapi juga melelehkan cokelat panas atau disiram saus carbonara. Berani mencoba?

Sumber: Pempek Shinta

Setelah ramen, burger, pizza, dan es krim, kini makanan serba hitam merambah ke pempek. Warna hitamnya ini dihasilkan dari black charcoal atau bubuk arang bambu. Walaupun warnanya begitu kelam, rasa dan isiannya sama dengan pempek pada umumnya. Hanya saja, bagian luarnya terasa lebih garing. Agar lebih menarik, Pempek Shinta di kawasan Bintaro, Tangerang juga menggunakan wadah dari mangkuk kertas tahan panas.

Sumber: Pempek Kantin Linda

Kalau Indomie saja bisa diolah menjadi donat, kenapa pempek tidak? Itu sebabnya Pempek Sulthan Pindang Agan di Palembang membuat inovasi pempek donat. Karena ada lubang di tengah, pempek ini menggunakan topping sebagai pembeda rasanya. Ada empat topping yang ditawarkan yaitu sosis, mozzarella, udang sambal, dan kecap ebi. Topping udang sambalnya sepertinya menjanjikan, ya?

Sumber: Pempek Sulthan Pindangagan

Lain pempek hitam, lain pula pempek pelangi. Varian pempek ini dibuat dari sari buah naga, wortel, dan caisim, sehingga menghasilkan warna-warna merah, kuning, dan hijau. Meskipun begitu, citarasa ikannya tetap kuat. Hanya saja, kalau Anda ingin warna-warnanya tetap awet, sebaiknya Anda menikmati pempek ini seperti di tempat asalnya, yaitu langsung disantap setelah direbus.

Sumber: Pempek Veny

Pempek chibi sebenarnya punya arti cheese and beef, atau keju dan smoke beef yang menjadi isiannya. Varian baru pempek ini dikeluarkan oleh Pempek Veny, Bandung, yang juga membuat pempek hitam dari black charcoal. Keju dan smoke beef membuat citarasa pempek yang semula gurih menjadi semakin kaya. Untuk memberi rasa yang lebih segar, seruput cukonya dan lahap juga mentimunnya!

Sumber: Pempek KBMI

Apa bahan makanan kekinian yang paling mudah menyatu dengan makanan apapun? Pastilah telur asin. Tidak heran kalau banyak warung pempek yang kini mengisi pempek kapal selamnya dengan telur asin. Telur asin yang punya citarasa yang kuat juga cocok sekali dipadukan dengan pempek ikan belida atau tenggiri. Kuning telur asinnya yang cenderung berbutir-butir juga malah meningkatkan tekstur pempeknya

Sumber: Pempek Salmon Pink

Sebenarnya pempek bisa diolah dari daging ikan apa saja. Tetapi Pempek Salmon PIK di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, rupanya mencoba mengolah pempek dari ikan salmon, dan bukannya dari ikan tenggiri atau ikan belida. Mewah, bukan? Olahan salmon ini membuat pempek menjadi berwarna oranye. Rasio daging ikan dan tepungnya pun pas. Selain di Pempek Salmon PIK, pempek salmon bisa didapatkan di Pempek Orange Salmon, Pempek Salmon Frozen Bu Atik (Surabaya), dan Pempek Ceria (Makassar).

Sumber: Pempek Nutella KBMI

Pempek dengan bahan utama ikan tenggiri tentu menghasilkan rasa yang gurih. Apa jadinya kalau dikombinasikan dengan Nutella yang manis? Hm… daripada kebanyakan mikir tidak ada salahnya langsung dicoba sendiri saja. Yang jelas, ketika baru diangkat dari penggorengan, isian Nutella ini menjadi lebih encer dan kemudian meleleh keluar. Pempek Nutella ini juga merupakan salah satu inovasi Pempek BMI.

Sumber: Pempek Ciklampung

Pempek Cik Lampung yang berada di Cipondoh Tangerang, dan Depok mungkin bukan pelopor pempek mozzarella. Namun outlet pempek ini tampak berusaha meningkatkan kualitas olahan pempek mozzarella-nya. Mozzarella, yang pada dasarnya memang tidak seasin keju lain, cukup mampu menyatu dengan gurihnya ikan tenggiri yang menjadi bahan pempek Cik Lampung. Cukonya pun tidak menggunakan cuka biang, melainkan cuka dari asam jawa dan cuka apel supaya lebih sehat.

Sumber: Pempek Lord Cafe Palembang

Varian pempek ini diperkenalkan oleh Lord Café and Resto di jalan Sumpah Pemuda, Palembang. Fillet dada ayam yang biasanya menjadi bahan utama, digantikan dengan adonan pempek kapal selam. Isinya juga bukan telur, melainkan daging dan keju leleh. Kemudian, saus carbonara dituangkan ke atas pempek yang sudah dipotong menjadi empat bagian. Cuko pempek yang manis asam pedas tetap dituangkan sebagai pamungkas.

Nah, yang mana varian rasa pempek kekinian yang ingin Anda coba lebih dulu?
This Page is Under Construction