Food
Aneka Topping yang Bikin Jajanan Pasar Nge-Hits Lagi
SHARE THIS POST
1 0 0 0

Banyak cara untuk membuat jajan pasar atau kue tradisional tampil lebih modern. Salah satunya adalah menjualnya di kafe-kafe atau kedai kopi. Atau, dengan menambahkan topping yang lebih disukai generasi milenial. Terbukti, jajanan pasar dengan aneka topping ini jadi nge-hits lagi!

Sumber: Jakarta Tourism

Kue Cubit Kue cubit barangkali menjadi kue tradisional pertama yang ingin jadi lebih kekinian. Kue dari campuran tepung terigu dan susu ini dulunya dibiarkan polos, tapi sekarang diberi aneka topping, dari meises, keju, green tea, choco chip, hingga oreo. Bahkan, banyak yang memesan kue cubit yang masih setengah matang. Soal selera memang nggak bisa dilawan!

Sumber: Gstatic

Serabi Di Indonesia ternyata banyak variasi pancake, salah satunya serabi ini. Walaupun sudah cukup enak disantap dengan kinca (ala Jawa),  atau dengan taburan oncom (ala Sunda), serabi tak mau ketinggalan menambahkan topping manis seperti nutella, matcha atau oreo, atau yang gurih seperti tempe, telur, atau ampas kecap rawit.

Sumber: Dapur Kobe

Martabak Anda pasti sudah mengenal martabak manis (atau kue terang bulan) dengan 8 rasa. Topping-nya dari yang standar seperti meises, kacang, dan keju, oreo, cream cheese, jagung, hingga green tea. Atau dengan variasi adonan rasa red velvet, pandan, blueberry, mint, matcha, sampai bamboo charcoal. Wow!

Sumber: Resep Koki

Kue Lumpur Namanya tidak enak diucapkan, tetapi rasanya yang creamy itu susah banget dilupakan. Apalagi kalau Anda mendapatkan kue lumpur dengan topping keju yang dipanggang dengan tungku berisi arang di atas dan bawah cetakannya. Ya, kue lumpur zaman now tidak hanya diberi topping kelapa muda saja, tetapi juga nangka, durian, green tea, hingga daging sapi lada hitam.

Sumber: Tabloid Bintang

Kue Pancong Kue pancong punya citarasa asli yang gurih, karena bahan bakunya tepung beras, santan, dan kelapa parut. Ketika matang, diolesi lagi dengan mentega dan ditaburi sedikit gula. Kalau sekarang sih, kue pancong (atau kue rangin kalo istilah di Surabaya) juga ada yang diberi topping meises, matcha, atau oreo.

Sumber: Grid.id

Kue Ape Kue ape juga termasuk pancake, dengan bagian tengah yang lembut dan tepian yang garing. Aslinya juga hanya berwarna hijau, tapi kalau mau tampil dengan warna hijau, ungu, atau dan putih, rasanya juga sah-sah saja. Kalau masih mau ditambah topping saat ini juga tersedia keju parut, meises, atau susu cokelat.

Sumber: Global CPDN

Klepon Klepon sponge cake lagi nge-hits banget. Klepon, bola-bola kecil yang terbuat dari tepung beras dengan isi gula merah, saat ini sudah mengalami transformasi. Selain warna hijau dari daun pandan itu bisa divariasi dengan warna-warni lainnya, fungsinya juga bisa diubah menjadi topping dari sponge cake. Cara yang unik agar jajanan tradisional ini bisa diterima lidah anak milenial, kan?

Sumber: Selerasa

Kue pukis Pukis tadinya juga hanya tampil polos. Namun, kue yang berbahan dasar telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan ini, sekarang tampil meriah dengan taburan meises, keju, selai kacang, selai cokelat, oreo, ovomaltine, hingga tiramisu. Ukurannya yang cukup besar dengan citarasa yang sangat manis membuat perut cepat kenyang.

Sumber: Resep Koki

Cakwe Penganan asli Tionghoa ini biasanya dinikmati dengan sambal cair atau dicampur bubur. Kalau dulu hanya dijual di pasar atau di kaki lima, sekarang cakwe sudah masuk mall. Ada cakwe yang diisi daging atau dibuat takoyaki. Ada pula yang diberi topping mayones atau mozzarella dan dibakar dengan food torch. Versi yang manis dengan taburan meises, choco chip, oreo, atau keju juga ada.

Nah, mana dari transformasi jajanan pasar ini yang Anda suka?
This Page is Under Construction