Food
Banyak Makan Daging Kambing? Intip Makanan yang Wajib Dikonsumsi Agar Tetap Sehat!
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Saat Idul Adha, Anda pasti akan menikmati berbagai olahan daging kambing. Selama sehari, Anda bebas menyantap sate kambing, sop kambing, tongseng, kebab, atau nasi kebuli. Hanya saja, banyak orang merasa bersalah setelah menyantap begitu banyak hidangan kambing, karena khawatir kolesterol melonjak naik sesudahnya.

Padahal, daging kambing sebenarnya merupakan sumber protein hewani yang berkualitas. Selain itu juga vitamin dan mineral, termasuk zat besi, seng, dan vitamin B12. Protein membantu pertumbuhan otot-otot, sedangkan zat besi sangat diperlukan agar tubuh berfungsi secara maksimal dan mencegah anemia.

Untuk meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh, Verena Tan, RD, PhD, Senior Nutrition Scientist di Global Nutrition Development, menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C. Sebaliknya, makanan yang mengandung asam fitat (sereal dan gandum), kalsium (susu dan produk olahannya), dan polifenol (teh dan kopi) bisa menghambat penyerapan zat besi.

Meskipun begitu, konsumsi daging kambing secara berlebihan sangat tidak disarankan. Efeknya tidak hanya pada lonjakan kolesterol, tetapi juga meningkatkan risiko  penyakit jantung dan kanker. Kalau Anda memang suka hidangan kambing, pilih daging tanpa lemak yang dimasak tidak terlalu matang. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan serat larut yang sudah terbukti baik untuk menurunkan kolesterol. Serat larut juga membantu mengontrol kadar gula darah.

Nah, agar manfaat dari hidangan kambing terserap dengan baik sekaligus membantu mencegah peningkatan kadar kolesterol, coba makan makanan ini saat makan olahan daging kambing:

Sumber: WP.com

Potongan tomat yang menyertai sate kambing ternyata bukan sekadar hiasan. Buah ini kaya akan vitamin A dan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi, sekaligus mengandung serat dan air yang mengikat kolesterol dalam aliran darah dan mengeluarkannya lewat feses. Kalau tak suka campuran tomat dalam sambal kecap, potong-potong tomat, taburi gula pasir, lalu kucuri jeruk nipis. Segar!

Sumber: Erabaru

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, sehingga membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari menu daging merah tanpa lemak yang Anda sukai.

Sumber: Wp.com

Rasanya yang manis dan asam memang menyegarkan, dan bisa menghilangkan eneg saat menyantap olahan daging kambing. Kaya akan mangan, bromelain, yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan; serta vitamin C yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Sumber: Go-Dok.com

Sayuran ini juga biasa disajikan dalam hidangan sate kambing. Mengandung vitamin A, B, dan C, mineral (kalium, magnesium, mangan), folat, serat, serta kandungan air yang tinggi. Manfaatnya, dari meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah dehidrasi, meremajakan kulit, hingga menurunkan kolesterol.

Sumber: Tstatic

Melon merupakan sumber vitamin A, vitamin C, kalium, dan serat. Vitamin C sudah lama diketahui menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit. Kaliumnya menjaga tekanan darah dan fungsi otot. Sebagai variasi dari vitamin C, lahap juga buah-buahan citrus, sayuran hijau berdaun, dan juga strawberry.

Sumber: HelloSehat

Di luar dugaan Anda, ternyata rasanya manis dan cocok dijadikan campuran sambal kecap dalam sate kambing. Kandungan nutrisinya pun beragam, dari vitamin C, folat, kalium (mencegah tekanan darah tinggi), hingga antioksidan (menghambat pertumbuhan sel kanker).

 Sumber: Pertanianku

Vitamin A dalam kandungan ubi jalar berperan memelihara kesehatan mata, pertumbuhan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Warna oranye kemerahan pada ubi jalar menandakan ia kaya akan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.  Sumber beta karoten dan vitamin A lainnya adalah wortel, bayam, kale, cabai bell pepper, jeruk, dan peach.

Sumber: SindoNews

Banyak sekali sayuran yang mengandung serat larut, yang penting untuk kesehatan jantung dan pencernaan. Di antaranya wortel, buah bit, okra, terong, juga brokoli dan kacang almond. Sedangkan buah yang merupakan sumber serat larut antara lain buah berry, markisa, jeruk, pir, apel, dan pisang.

 

Nah, jangan lupa selalu imbangi sate kambing yang Anda nikmati dengan buah dan sayuran ini, ya!

This Page is Under Construction