Lifestyle
Berapa Banyak Buah yang Harus Dikonsumsi Tiap Hari Agar Panjang Umur?
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Sumber: Brenda Godinez

Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak orang masih sulit memenuhi asupan buahnya dalam sehari. Alasannya sangat beragam, dari tak sempat belanja buah, kurang suka buah, lebih suka jus buah, sampai kesukaan pada buah tertentu yang sangat terbatas. Padahal, kalau tahu hasil penelitian terbaru ini, Anda pasti akan berlomba untuk makan buah sebanyak-banyaknya.

Sebuah penelitian baru dari Imperial College London mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah lebih dari lima porsi dalam sehari bisa mengurangi risiko serangan jantung, stroke, kanker, dan kematian dini. Yang disebut satu porsi adalah misalnya 1 butir apel atau segenggam buah sebesar anggur.

Keuntungan terbesar bahkan bisa didapat jika Anda mengonsumsi 10 porsi buah dan sayuran dalam sehari. Menurut para peneliti, jika setiap orang mengonsumsi buah dalam jumlah ini (sekitar 800 gram buah sehari), diperkirakan 7,8 juta kematian dini di seluruh dunia bisa dicegah.

Hal ini karena ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dari makan berbagai jenis buah. Sebagai sumber vitamin, mineral, kalium, dan serat, buah juga mengandung phytochemicals yang kaya akan antioksidan, demikian tambah penelitian dari Berkeley Wellness. “Buah dan sayuran mampu mengurangi kadar kolesterol, tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan sistem kekebalan tubuh,” kata Dr. Dagfinn Aune, ketua peneliti dari School of Public Health di Imperial College London.

Masalahnya, bagi rata-rata orang 10 porsi buah itu sepertinya sangat banyak, khususnya bagi yang tidak menyukai citarasa, tekstur, dan aroma buah tertentu. Untungnya, ada cara untuk menjadikan buah sebagai menu sehari-hari. Selain menjadikannya buah potong, Anda bisa membuatnya menjadi jus, mencampurnya dengan yogurt, mencampurnya dengan lauk sebagai pengganti tomat atau belimbing, atau menjadikannya pudding buah.

Agar tidak bosan, usahakan setidaknya mengonsumsi tiga macam buah dalam sehari. Pilih buah dengan warna yang berbeda, karena selain warnanya jadi menarik, semakin banyak nutrisi berbeda yang Anda dapatkan. Buah dengan warna merah seperti semangka dan tomat, misalnya, mengandung likopen  yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Buah berwarna kuning atau oranye, seperti pada jeruk dan ubi, mengandung karotenoid yang membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sedangkan buah berwarna biru atau ungu seperti anggur atau blueberry, kaya akan antosianin yang melindungi sel-sel dari kerusakan serta meningkatkan fungsi memori.

Nah, masih ragu dengan manfaat sehat dari buah? Mulai sekarang, konsumsi lima porsi buah dalam sehari agar panjang umur ya.

This Page is Under Construction