BEAUTY & FASHION
Bye Bye Kulit Kering! Tips Merawat Kulit agar Tetap Segar Saat Puasa
SHARE THIS POST
1 5 1 1

Saat puasa nggak cuma tenggorokan saja yang kering karena tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Kulit kamu pun bisa mengalami kekeringan atau dehidrasi.

Puasa memang wajib dijalankan bagi umat Muslim, tapi bukan berarti kulit kamu jadi nggak terawat kan? Buat kamu yang kulitnya rentan jadi kering bahkan bersisik saat puasa, lirik tips jitu menjaga kelembapan kulitmu di sini:

Sumber: Designed by Freepik

Cukup Minum Air Putih

Menjaga kelembapan kulit dari dalam penting dilakukan. Kamu bisa ‘membekali’ kulitmu dengan memperbanyak minum air putih saat sahur dan buka puasa. Kurangi minuman berkafein seperti teh dan kopi karena sifatnya yang diuretik (meningkatkan frekuensi buang air kecil) akan membuatmu cepat dehidrasi.

Tambah juga asupan buah dan sayur kaya serat dan air. Serat bisa membantu tubuhmu mengikat cairan lebih lama sehingga kekeringan pada kulit bisa dicegah.

Sumber: Femina

Face Mist

Saat kulit sudah terasa kering, semprotkan face mist supaya lebih lembap dan segar. Tidak hanya menyegarkan, face mist juga akan memberikan nutrisi bagi kulitmu agar tidak dehidrasi. Pilih face mist yang mengandung lidah buaya, air mawar, atau air mineral karena khasiatnya yang bisa melembapkan kulit dalam sekejap.

Sumber: Designed by Freepik

Moisturizer

Tak bisa dibantah lagi, pelembap atau moisturizer sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit wajahmu selama berpuasa. Beberapa brand kecantikan mengeluarkan produk pelembap yang bisa memberikan hidrasi pada kulit hingga 10 bahkan 24 jam. Produk dengan kelembapan tahan lama seperti ini bisa kamu jadikan pilihan untuk perawatan kulit di bulan Ramadan.

Tapi kalau kamu sudah cocok memakai produk pelembap tertentu, maka cukup gunakan itu saja. Pemakaiannya bisa kamu ulangi beberapa kali, misalnya setiap tiga atau empat jam sekali setelah membasuh wajah dengan air.

Sumber: Designed by Freepik

Body Lotion

Jangan kulit wajah saja yang kamu rawat saat puasa. Perhatikan juga kelembapan tubuh. Telapak tangan dan kaki biasanya jadi bagian tubuh yang paling cepat kering karena kelenjar minyak alami paling sedikit di area itu. Sediakan selalu hand cream atau body lotion dan oleskan ke kulitmu setiap kali terasa kering.

Sumber: Reader’s Digest

Pakai Lip Balm

Salah satu tantangan bagi kulit saat berpuasa adalah bibir yang pecah-pecah. Kulit di area bibir tidak memiliki kelenjar minyak, karenanya lebih mudah jadi kering dan pecah-pecah. Kamu bisa menjaga kelembapan dan kehalusan bibir dengan lip balm yang mengandung shea butter atau cocoa butter.

Shea butter dan cocoa butter dikenal dengan khasiatnya yang melembapkan dan memperbaiki tekstur kulit sangat kering. Oleskan lip balm setiap kali bibirmu terasa kering, tertarik, atau pecah-pecah.

This Page is Under Construction