Lifestyle
Ciptakan Liburan Versi Kamu Tanpa Menguras Dompet
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Musim libur sudah di depan mata. Sebagian orang mungkin sudah menyiapkan sejak jauh-jauh hari. Tapi ada juga yang belum mempersiapkan apa-apa. Coba cek rekening tabungan yang disiapkan untuk liburan, apa yang bisa diciptakan dari dana yang ada. Liburan memang cenderung menguras isi dompet namun bisa kok ciptakan liburan sesuka hati versi kamu sendiri menyesuaikan anggaran.

Sumber: Freepik

Rencanakan Destinasi

Sebaiknya sebelum berangkat liburan rencanakan lebih dulu tujuannya. Menentukan tempat tujuan liburan sangat penting. Hal ini dikarenakan menyangkut biaya pengeluaran selama liburan. Misalnya saja, tiket masuk nonton pertunjukkan atau tiket masuk tempat wisata. Semakin jauh tempat tujuan liburan akan semakin banyak biayanya.

Nah, kalau ternyata saldo tabungan liburan kamu enggak cukup untuk keluar kota, cukup rayakan di dalam kota. Kamu bisa merencanakan liburan di mal misalnya, mencari destinasi di mal yang menyediakan banyak penawaran khusus akhir tahun.

Mulai jelajah kuliner bareng kesayangan di restoran favorit. Ciptakan liburan versi kamu yang bikin suasana hati jadi senang serasa liburan jauh padahal tak jauh dari rumah dan enggak bikin kantong jebol.

Sumber: Shutterstock

Penting! Buat Itinerary

Itinerary penting apalagi jika anggaran terbatas. Apa pun destinasi liburan kamu, buatlah itinerary agar bisa lebih fokus dan tidak asal-asalan. Jangan sampai biaya yang sudah keluar jadi sia-sia karena liburan tidak teratur.

Sebenarnya itinerary berguna untuk mengatur waktu. Apalagi kalau agenda liburan mengunjungi beberapa destinasi wisata, baik di dalam maupun luar kota, apalagi luar negeri. Dengan adanya itenerary biaya juga bisa dianggarkan bahkan sebelum liburan dimulai. Jadi selain untuk mengetahui kegiatan selama liburan, itenerary bisa juga dipakai membuat anggaran biaya.

Sumber: Freepik

Sharecost

Tidak ada salahnya untuk mencari teman kolaborasi liburan. Mendapat teman kolaborasi liburan akan lebih menghemat biaya, bahasa kekiniannya sharecost. Banyak biaya yang bisa dipangkas dengan liburan kolaborasi ini, misal untuk makan dan transportasi. Sebenarnya mencari teman kolaborasi itu gampang-gampang susah. Tapi nggak ada salahnya kontak teman dekat dan rencanakan bersama supaya sehati saat bersantai jangan malah merusak suasana liburan.

Sumber: Shutterstock

Browsing Promo

Zaman milenial sekarang ini banyak kemudahan untuk mencari tempat-tempat promo. Biasanya tempat-tempat promo ini menawarkan harga dari harga normal. Tempat promo ini bisa tempat makan atau tempat wisata bahkan atraksi permainan. Jika Anda mau sedikit meluangkan waktu browsing di internet, banyak tempat-tempat promo. Apalagi jika memasuki musim liburan seperti saat ini. Tenant-tenant berlomba menawarkan harga promo bagi pengunjung mal misalnya.

Dana terbatas tapi bisa menikmati liburan, ini dia tujuan utamanya. Kalau bisa berhemat, liburan bukan hanya jelang pergantian tahun, bahkan bisa dua atau tiga kali setahun. Bagaiamana? Punya ide liburan apa versi kamu? Selamat merencanakan liburan!

This Page is Under Construction