BEAUTY & FASHION
Cowok Juga Wajib Rawat Kulit, Ini Tips Skincare Simpel yang Nggak Bikin Kamu Repot!
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Bicara soal perawatan kulit, biasanya wanita yang lebih direpotkan dengan segala ritual kecantikan. Mulai dari pakai pembersih, toner, serum, moisturizer sampai masker. Sedangkan pria, umumnya lebih cuek memelihara kesehatan kulit mereka.

Padahal pria juga penting lho merawat kulit, karena pria pun rentan dengan permasalahan kulit. Seperti wanita, pria bisa mengalami jerawat, penuaan dan kusam. Yuk guys, rajin-rajin rawat kulitmu dari sekarang. Caranya simpel, kok!

Sumber: Shutterstock

Langkah pertama dan paling penting dalam perawatan kulit adalah membersihkan wajah. Kamu bisa menemukan banyak produk pembersih wajah di pasaran yang diciptakan khusus untuk kulit pria. Bisa facial foam atau facial gel, pilihlah yang sesuai jenis kulit kamu. Nggak disarankan buat kamu memakai 2-in-1 cleanser, yakni produk pembersih tubuh sekaligus wajah, karena kondisi kulit tubuh dan wajah tentu berbeda. Karenanya memerlukan pembersih yang berbeda pula.

Sumber:  Askmen

Toner diperlukan untuk mengangkat residu, sebum, juga sisa-sisa kotoran yang mungkin belum bersih secara maksimal saat membersihkan dengan facial foam. Selain itu toner juga berfungsi melembapkan wajah dan agar kulit lebih siap menerima perawatan selanjutnya. Akan lebih baik kalau kamu memakai produk toner khusus pria. Tapi menggunakan produk yang biasa dipakai wanita juga nggak jadi masalah, selama itu masih sesuai dengan jenis kulitmu.

Sumber:  Heartapps

Setelah toner, penting memakai pelembap untuk mencegah kulit memproduksi minyak berlebihan, serta mencegah penuaan dini. Oleskan pelembap tiap pagi dan malam hari untuk hasil yang maksimal.

Sumber: Vicky Fahmi

Produk yang satu ini sering kali diabaikan para pria, padahal justru paling krusial dalam perawatan kulit. Pakailah sunscreen atau tabir surya setiap kali kamu bepergian ke luar rumah, meskipun cuaca sedang mendung. Disarankan memakai sunscreen dengan SPF 30 dan PA+++ untuk perlindungan kulit dari sinar UVA dan UVB yang merusak. Bila perlu, ulangi 2-3 jam sekali terutama ketika kamu beraktivitas di luar ruangan seharian.

Sumber: Askmen

Sel-sel kulit mati akan membuat wajah terlihat kusam dan tidak segar. Maka kamu perlu memakai produk dengan fungsi eksfoliasi atau mengelupaskan kulit. Setiap satu kali seminggu, kamu perlu eksfoliasi dengan scrub wajah supaya kulit selalu segar dan sehat.

Sumber: Imgflip

Perawatan dari dalam juga tak kalah penting. Tidurlah yang cukup minimal 7-8 jam sehari, banyak minum air putih sedikitnya 8 gelas sehari dan olahraga rutin. Olahraga akan melancarkan sirkulasi darah dan berdampak juga ke penampilan kulit yang lebih sehat.

Cukup simpel kan, tipsnya? Yuk, rawat kulit kamu mulai dari sekarang!

This Page is Under Construction