Lifestyle
Dunia Kreatif Startup Milenial
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Sumber: Digital Entrepreneur

Anak muda Indonesia semakin berani membuktikan kreativitasnya, setuju enggak? Belakangan semakin banyak startup bermunculan. Ide usaha makin kreatif dan kalangan muda Indonesia pun berani mewujudkan idenya.

Semangat muda ini jadi mengingatkan dengan janji para pemuda-pemudi se-Indonesia, dengan Sumpah Pemuda. Semangat cinta tanah air bisa diwujudkan dengan ragam bentuk, salah satunya kalau era kekinian, mencipta produk lokal dan membangun usaha mandiri bagian dari ekonomi kreatif.

Sumber: Akamaized

Makin Banyak Peminat

Saat ditemui di sela peluncuran forecasting trend dunia kreatif Indonesia, Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik, mengatakan minat anak muda untuk bergerak di bidang kreatif makin tinggi. Salah satu ukurannya, minat anak muda mendaftar CPNS di Bekraf sebagai representasi dunia kerja kreatif, makin tinggi bahkan menyaingi bidang keuangan yang sebelumnya selalu menjadi idaman.

Sumber: Bobby Finance

Makin Kreatif

Dunia kreatif startup terus bertumbuh. Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik juga mengatakan fresh graduate, lingkungan mereka banyak sekali yang terpapar oleh industri/ekonomi kreatif. Bahkan di lingkungan kampus, mereka yang di bawah 30 tahun sebagai konsekuensi logis dari bonus demografis kita.

Startup yang berbasis aplikasi itu terkait dengan kebutuhan sosial, kebutuhan ekonomi yang berkembang di masyarakat, sejalan dengan berkembangnya program inkubasi startup.

Ide startup terus berkembang termasuk di bidang financial technology, layanan publik, juga aplikasi yang menfasilitasi jasa-jasa spesifik untuk kebutuhan rumah tangga, misal reparasi AC dan lainnya.

Lebih Beragam

Fakta lainnya, startup juga bertumbuh di berbagai bidang seperti film, fashion dan pendidikan. Komunitas film-maker di daerah hidup sekali dan sektor penerbitan juga tumbuh karena banyak sekali anak muda yang ingin menjadi penulis baik novel atau lainnya.

Sumber: Webicdn

Startup berbasis aplikasi jasa yang dibutuhkan masyarakat tumbuh, sebut saja Ruang Guru. Platform ini membantu siswa belajar secara online, berfungsi semacam kursus privat atau les, yang kini bertransformasi dalam ranah digital. Penciptanya pun masih muda, dan memahami kebutuhan para pelajar.

Sumber: Tstatic

Di sektor fashion, ada Nah Project yang bergerak di bisnis online. Tak tanggung-tanggung, produk sneakers Nah Project bahkan “dipromosikan” di vlog Youtube pribadi “Presiden Joko Widodo“. Alhasil, produk lokal asal Bandung ini melejit berkat testimoni Presiden Jokowi. Produk dan pelayanan Nah Project pun layak direkomendasikan. Beragam inovasi sneakers dan produk fashion lain terus dikembangkan di bisnis online Nah Project. Selain Instagram, website Nah Project juga aktif dan user friendly.

Nah, kalau kamu punya ide kreatif apa untuk startup yang menyasar pasar millenial?
This Page is Under Construction