Lifestyle
Efek Jalan Kaki untuk Jantung Lebih Sehat
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Sumber: Jakpost.net

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, tahu dong Kota Jakarta makin cantik dan berbenah memberi banyak ruang terbuka untuk bergerak nyaman, alias jalur pedestrian makin tertata rapi.

Nah, sayang banget kan kalau pedestrian sudah terfasilitasi tapi enggak dimaksimalkan. Padahal, bisa banget jalan kaki menuju destinasi di kawasan bisnis Jakarta misal di sisi jalan Jenderal Sudirman sampai ke kawasan Monas. Nggak harus jalan kaki sepanjang rute itu, namun kita bisa maksimalkan jalan kaki beberapa langkah karena jalur pedestrian sudah sangat nyaman.

Pakar kesehatan menyebutkan kalau kita mau mendapatkan manfaat kesehatan, harus jalan kaki 10.000 langkah setiap hari.

Jalan kaki juga termasuk aktivitas fisik paling aman untuk semua kondisi tubuh. Bagi orang yang kelebihan berat badan, pada kondisi tertentu bahkan tidak disarankan jogging karena berisiko terkena radang sendi. Jadi, jalan kaki paling aman dan nyaman untuk mereka yang mengalami overweight sekali pun.

Kebiasaan jalan kaki ternyata juga berdampak untuk kesehatan jantung. Jalan kaki juga termasuk aktivitas fisik atau olahraga yang murah dan mudah, siapa saja bisa melakukannya. Namun ada syarat minimalnya loh ya. Setidaknya kalau mau mendapat manfaat kesehatan biasakan jalan kaki 30 menit per hari.

Meski begitu, untuk mendapatkan kondisi kesehatan paripurna termasuk untuk kesehatan jantung, tetap harus jaga pola makan dan gaya hidup ya.

Sumber: Shutterstock

Menurut drg Kartini Rustandi, Direktur Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI, jalan kaki akan lebih bermanfaat untuk kesehatan bila kita juga memperhatikan makanan atau gizi seimbang. Dokter Kartini juga mengatakan jalan kaki bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kebiasaan baik jalan kaki setiap hari dapat meningkatkan detak jantung kita.

Berikut berbagai manfaat lainnya dari jalan kaki untuk kesehatan tubuh:

– Meningkatkan metabolisme tubuh.

– Mencegah osteoporosis.

– Membantu pembentukan otot.

– Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

– Dapat merangsang otot pada otak.

– Menjaga tubuh tetap aktif dan siaga.

– Membantu proses detoksifikasi pada tubuh

 

Nah banyak banget kan manfaat jalan kaki. Jadi mulai sekarang tak perlu mengeluh kalau parkir jauh, justru manfaatkan untuk jalan kaki dari parkiran menuju destinasi akhir kita. Kalau turun kendaraan umum yang melewati jalur pedestrian, kita bisa menghitung jarak dan waktu, sisakan waktu 30 menit untuk jalan kaki mencapai tujuan.

Cara lain, sengaja datang ke ruang terbuka tempat olahraga dan nikmati jalan kaki untuk bisa mendapatkan beragam manfaat kesehatan, bukan hanya fisik tapi jiwa karena kebiasaan baik ini ternyata juga bikin bahagia dan memperpanjang harapan hidup.

 
This Page is Under Construction