BEAUTY & FASHION
Gaya Modern dengan Songket Palembang, Kenapa Nggak? Ini Tips Padu-padannya
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Songket Palembang punya ciri khas tersendiri dibandingkan kain songket dari daerah lain. Motif yang lebih rumit dan penggunaan benang sutera berlapis emas menjadi daya tarik dari salah satu wastra kebanggaan Indonesia ini.

Kita lebih mengenal songket Palembang sebagai kain bawahan yang dipadukan dengan kebaya, baju kurung dan baju bodo, atau dijadikan selendang pelengkap gaya. Songket Palembang pun lebih sering dikenakan untuk ke acara pernikahan, adat atau momen yang lebih formal.

Perkembangan fashion yang semakin cepat dan penuh kreativitas di zaman sekarang membuat songket Palembang juga bisa tampil lebih modern. Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa memakai songket khas Wong Kito Galo ini ke acara casual maupun untuk sehari-hari. Yuk, simak cara padu-padan songket Palembang untuk gaya kekinian.

Sumber: MatahariMall.com, FashionValet

Kain songket nggak cuma bisa dijadikan kain atau selendang, tapi juga dibuat untuk bahan blazer atau jas. Motif etnik dari songket akan membuat penampilan busana kamu lebih stand out dan unik.  Blazer atau jas songket bisa kamu padukan dengan blouse, celana panjang, rok berpotongan lurus atau gaun H-line. Karena karakter kain songket yang sudah cukup mencolok, sebaiknya pilih padanan baju yang berwarna netral seperti hitam, abu-abu, krem, atau yang senada dengan warna dasar songket.

Sumber: Vipplaza, Vipplaza

Songket Palembang sangat cocok diolah sebagai outerwear, seperti bolero atau cropped jacket. Outerwear berbahan songket akan membuat busana berpotongan simpel lebih stylish dan nggak terkesan monoton. Bahkan kamu bisa memdukan outer dengan T-shirt dan jeans untuk gaya kasual yang edgy.

 

Sumber: FashionValet, FashionValet

Untuk gaya feminin, kamu bisa tampil dengan rok dari songket Palembang yang dipadukan dengan blouse atau kemeja polos. Songket Palembang cocok dijadikan rok berpotongan A-line, H-line atau pensil. Selain ke acara formal, rok songket juga cocok dipakai ke kantor.

Sumber: Amazonaws, BerryBenka

Vest atau rompi dari kain songket akan membuat penampilan kamu lebih stylish secara instan. Mau pakai dress, setelan kemeja dan celana atau tunik, tinggal tambahkan vest songket dan busana kamu langsung akan terlihat stand out tanpa terkesan berlebihan.

Sumber: Kadoqu, Karousell

Siapa bilang songket Palembang nggak bisa dijadikan busana kasual? Jika ingin tampilan yang lebih santai, kamu bisa mengolah songket sebagai celana kulot dengan panjang tepat di bawah lutut. Celana kulot bisa dipadukan dengan T-shirt atau blouse untuk gaya kasual yang stylish. Bisa juga memakai kulot panjang sebagai padanan busana kantor.

Sumber: Zalora, Zalora

Kemeja dari songket, kenapa tidak? Untuk para pria bisa menjadikan songket sebagai kemeja yang dipadukan dengan celana berwarna hitam atau abu-abu. Kemeja songket cocok menjadi alternatif pengganti busana batik yang bisa kamu kenakan setiap Hari Jumat, atau dipakai saat kondangan.

This Page is Under Construction