Food
Gemar Masakan Pedas Kekinian? Siapkan Minuman Penawar Pedas Ini
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Ayam geprek super pedas, atau mi instan dengan cabai 25 biji memang sedang kekinian. Banyak orang yang penasaran ingin menguji sampai di mana tingkat ketahanan lidahnya pada rasa pedas. Kebanyakan dari penguji nyali ini berakhir dengan muka merah dan keringat bercucuran karena kepedasan. Bergelas-gelas es teh manis yang tersedia untuk penawar rasa pedas ternyata tidak banyak membantu.

Rasa pedas pada cabai diperoleh dari sejenis molekul yang disebut kapkaisin (capsaisinoids), begitu kata Chris Gulgas, profesor ilmu kimia dari University of Cincinnati. Ketika mengenai lidah, bahan tersebut membuat lidah mati rasa sementara. Itu sebabnya ada yang mengatakan bahwa makanan pedas itu mematikan indera pengecap Anda. Mati rasa ini merupakan bentuk mekanisme pertahanan tubuh untuk melindungi diri dari rasa nyeri atau terbakar karena sensasi pedas. Namun, matinya indera pengecap ini cuma sementara dan akan segera kembali normal.

Masalahnya ketika sensasi pedas itu menyerang tanpa ampun, apa yang bisa Anda lakukan? Minum air dingin ternyata tidak berhasil menghilangkan rasa pedas. Sebab, kapkaisin merupakan minyak alami, sementara air dan minyak tak akan menyatu. Air juga tidak akan membantu mengurangi efek kapkaisin pada membrane, dan malah akan menyebarkan minyak tersebut ke bagian lain dari mulut.

Sebaliknya jika Anda sedang kepedasan, coba siapkan minuman penawar pedas berikut ini.

Sumber: Freepik

Seteguk susu atau sesendok yogurt bisa meredakan lidah yang terasa terbakar karena pedas. Hal ini karena susu mengandung protein yang disebut kasein, yang membantu memecah kapkaisin dan meredakan rasa pedasnya. Tidak seperti air putih, yang terbuat dari molekul polar,  kasein adalah non-polar seperti halnya kapkaisin. Protein ini mengikat kapkaisin, dan saat proses itu terjadi, mencegah pembawa rasa pedas itu mencapai penerima rasa nyeri pada mulut.

Sumber: Freepik, Purepng

Bukan rasa manisnya yang bisa menghalau rasa pedas. Minyak pada kapkaisin akan diserap oleh gula pasir atau madu, sehingga membuat lidah Anda kembali netral. Taburkan setengah sendok teh gula pasir atau madu ke lidah, lalu diamkan. Atau, isap-isap gula kubus untuk mendapatkan efek yang sama.

Sumber: Freepik, Freepik

Makanan yang mengandung zat pati akan memberikan penghalang alami antara kapsaisin dan lidah, dan menyerapnya perlahan-lahan. Roti atau kentang rebus juga membantu meredakan pedas, kunyahlah semua jenis makanan ini tanpa tambahan lauk apapun.

Sumber: Pixabay

Pada dasarnya air kelapa berfungsi seperti susu, tapi lebih encer. Airnya yang manis dan segar akan lebih efektif dalam menghilangkan rasa terbakar pada lidah daripada air. Alasannya, airnya yang mengandung gula berguna untuk melawan panas. Itu sebabnya, air putih saja tidak akan menghilangkan rasa pedas karena tidak mengandung gula. Air kelapa juga bermanfaat ketika Anda ingin mengisi kembali cadangan elektrolit pada tubuh.

 Sumber: Freepik, Freepik

Keasaman pada cabai bisa dinetralisasi dengan makanan yang mengandung alkalin ini. Coba peras satu sendok makan lemon atau jeruk nipis saat Anda kepedasan, atau kumurlah dengan jus tomat yang Anda pesan. Jeruk, nenas, dan buah asam lainnya juga bisa dicoba.

Sumber: Freepik, Freepik

Sensasi dinginnya memberi rasa nyaman dan tenang pada lidah, walaupun hanya sesaat. Campuran susu dan gulanya lah yang akan segera melunturkan semua rasa panas dan pedas di lidah.

Sumber: Freepik

Kalau terpaksa, karena di sekitar Anda hanya ada air putih, cobalah berkumur dengan air hangat. Banyak orang mengaku cara ini cukup efektif, karena akan mengencer dan menghilangkan rasa pedas yang melapisi lidah.

This Page is Under Construction