Food
Gurihnya Hidangan Telur Asin yang Bikin Nggak Bisa Berhenti Makan
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Masih ingatkah bagaimana dulu setiap kali membelah telur asin Anda jadi berdebar-debar, akankah mendapatkan telur asin yang “jadi”? Telur asin yang “jadi” alias yang proses pengasinannya berjalan sempurna adalah yang kuning telurnya berwarna oranye atau kemerahan, masir, dan tidak amis. Telur asin ini banyak diproduksi di Brebes, Jawa Tengah, dengan berbagai varian rasa udang, kepiting, hingga rasa buah-buahan.

Oleh karena citarasanya yang manis dan gurih, dulu telur asin bisa dinikmati begitu saja dengan nasi hangat. Atau, dijadikan kondimen nasi rawon khas Jawa Timur. Seiring berjalannya waktu, para juru masak semakin kreatif mengolah telur asin ke dalam berbagai sajian kuliner. Bahan makanan ini ternyata amat mudah menyatu dengan hidangan lokal maupun internasional. Dimasak di warung kaki lima atau restoran fine dining, inilah hidangan dengan telur asin yang membuat Anda tak bisa berhenti makan!

Sumber: Instagram

Ayam goreng tepung, atau ayam geprek, memang paling mudah dipadukan dengan telur asin. Kombinasi antara gurihnya telur asin dan pedasnya sambal bawang di atas suwiran ayam goreng membuat warung ayam geprek tak pernah sepi pengunjung

Sumber: Instagram

Siapa sangka, hidangan khas Italia seperti spageti ternyata juga cocok disiram dengan saus telur asin?

Sumber: Instagram

Ayam popcorn atau pok pok menjadi kudapan favorit siapa saja, khususnya anak-anak. Potongannya yang kecil-kecil membuatnya praktis dinikmati tanpa menggunakan sendok garpu. Apalagi kalau disiram saus telur asin, makin lezat disantap dengan nasi hangat.

Sumber: Instagram

Selain Indonesia, negara lain yang juga sering mengolah telur asin untuk hidangannya adalah China, Filipina, dan Vietnam.

Sumber: Instagram

Kombinasi gurih dan pedas memang tidak pernah mengecewakan siapa saja. Disantap di tengah udara sejuk saat hujan membuat hidangan dengan telur asin ini makin tidak terlupakan.

Sumber: Instagram

Makanan yang disajikan di atas hotplate tentunya dimaksudkan agar tetap hangat selagi disantap. Nasi ayam telur asin ini pun disuguhkan dengan cara yang sama. Matangkan telur asinnya dengan cara diaduk dengan tambahan keju dan sambalnya yang superpedas.

Sumber: Instagram

Nasi dengan telur asin mata sapi, pete, dan sambal yang dibungkus daun pisang, menghasilkan nasi bakar dengan aroma asap yang lezat.

Sumber: Instagram

Sudah tahu kan, rolling cheese chicken di restoran Korea yang nge-hits itu? Saus telur asinnya di-mix dengan mozzarella sehingga bisa digulung dengan paha ayamnya yang juicy.

Sumber: Instagram

Flaky bread dari Perancis yang biasanya berisi keju atau daging ini pun ketika dibelah akan melelehkan saus telur asin yang creamy.

Itulah aneka hidangan dengan telur asin yang kekinian. Anda suka yang mana?
This Page is Under Construction