Lifestyle
Hunting Kopi Lokal di Lippo Mal
SHARE THIS POST
1 0 0 0

“Kopi – minuman favorit dari dunia yang beradab.” – Thomas Jefferson

Kopi lokal kini menjadi magnet tersendiri di kalangan pencinta kopi. Ada rasa yang tertinggal tatkala menyeruput dengan penuh kenikmatan. Semakin banyak roaster dan barista Indonesia yang makin mahir meracik kopi lokal dan menambah kaya pengalaman ngopi.

Kopi di Indonesia sudah melegenda dan banyak jenisnya dengan racikan beragam dan enak. Menurut Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, Pakar Gizi dan Keamanan Pangan Institut Pertanian Bogor, bahwa kopi menjadi salah satu minuman terenak di Indonesia dengan ragam varietasnya. Dan di sela-sela tanaman kopi juga kita dapat mengambil tanaman bermanfaat untuk pangan lokal sehari-hari.

Berikut ini beberapa jenis kopi lokal yang sangat digemari di Indonesia.

Sumber: Bekal Kopi 

Kopi Sumatera

Ini kopi  yang punya kelas juara di Sumatera dan paling dikenal. Di Pulau Sumatera ada kopi dari jenis Sidikalang, Kopi Lintong, & Kopi Mandailing. Citarasanya unik bertekstur halus bau tajam. Kopi ini paling banyak diminati.

Sumber: Static Shop App

Kopi Sulawesi Kopi yang  paling terkenal  adalah Kopi Toraja. Rasanya sangat kuat dengan kadar asam tinggi. Itu ciri  khasnya kopi Sulawesi.

Sumber: Blogspot

Kopi Gayo

Kalau ngomongin kopi Arabica terbaik di Sumatera, khususnya Aceh, juga Kopi Gayo. Tak hanya terbaik di tingkat lokal, tapi juga terbaik di seluruh dunia. Citarasanya memang agak pahit tapi tingkat keasaman rendah. Meski bercita rasa pahit, tapi ketika kita menenggaknya ada rasa gurih ditinggalkan. Aromanya sangat tajam.

Sumber: Bukalapak

Kopi Bali Kintamani

Cita rasa Kopi Bali Kintamani seperti buah-buahan, asam segar. Faktor yang memengaruhinya karena tanaman kopinya ditanam bersama-sama dengan tanaman lain seperti jambu, jeruk, juga beberapa jenis tanaman sayuran. Istilahnya dikenal dengan nama tumpang sari. Aroma Kopi Bali Kintamani segar bercitarasa lembut dibanding kopi lokal nusantara yang ada.

Sumber: Blogspot

Kopi Papua Wamena

Cita rasa Kopi dari Timur Indonesia ini ringan tetapi beraroma tajam. Istimewanya kopi ini ditanam organik, tidak ada campuran bahan kimia apapun. Kopi ini sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai cita rasa lembut cenderung ringan dengan aroma tajam.

Sumber: Bekal Kopi

Kopi Flores Bajawa

Ngada, menjadi salah satu kabupaten yang ada di Flores sebagai penghasil kopi. Kopinya dikenal dengan nama Kopi Flores Bajawa. Aroma terasa buah sedikit dan ada bau-bau tembakau setelah menenggaknya. Inilah salah satu keunikan Kopi Flores Bajawa yang tidak ada di kopi lokal lain.

Sumber: Foody, Instagram

Sumber: Instagram

Kopi Lokal di Lippo Mal

Nah sudah tahu kan berbagai variasi kopi lokal nusantara? Kamu bisa menikmati racikan kopi lokal di Lippo Mal.

Salah satu gerai kopi di kawasan Jakarta Selatan, tepatnya di Avenue of Star Lippo Mal Kemang Lantai UG, yang menjual kopi dengan racikan tersendiri adalah Monochrome Coffee Roastery.

Café ini secara khusus mengolah kopi lokal asal  Sumatera, yaitu dari jenis Arabica yang di-roast dan diracik sendiri. Teknik yang dilakukan pun tak sembarangan. Dengan teknik kalibrasi yang dilakukan oleh ahlinya sehingga menghasilkan kualitas rasa number one. Di café ini, Si Raja Biak-Biak dan Java Frinsa Estate diolah dengan tangan handal.

Bicara kopi Sumatera, itu bicara soal rasa. Karakter kopi yang ada di Sumatera itu bercitarasa lebih berat dibanding jenis kopi lain yang ada. Memiliki karakteristik  rempah-rempah dan tanah (earthy). Memiliki tekstur yang lebih halus beraroma lebih tajam.

Beda lagi dengan Lippo Mal Puri, kamu bisa hunting kopi lokal di Mokka Coffee Cabana. Kedai kopi ini menyediakan Kopi Sanger khas Gayo yang laris manis.

Beda asal muasal namun kedua kafe ini menyediakan kopi Arabica. Kalau suka Arabica, silakan pilih, mau coba kopi Si Raja Biak-Biak atau Sanger? Selamat berburu menikmati dan berpetualang rasa kopi nusantara di kedai kopi di Lippo Mal Kemang atau  Lippo Mal Puri.

This Page is Under Construction