Family
Ingin Mengajarkan Anak Berpuasa? Intip Tipsnya!
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Walaupun anak baru diwajibkan berpuasa saat memasuki baligh, tidak ada salahnya mengenalkan puasa pada anak sejak dini. Agar anak antusias dengan konsep berpuasa, biarkan anak membuat keputusan sendiri mengenai berapa lama ia harus berpuasa. Bersikaplah fleksibel, tanpa memaksa anak untuk berpuasa. Nah, berikut tips mengajarkan anak berpuasa.

Sumber: Designed by Freepik

Ajak berpuasa secara bertahap

Anak balita tentu belum sanggup berpuasa sehari penuh. Karena itu, tak perlu mengharuskan mereka berpuasa penuh. Anak bisa mengikuti puasa bedug atau puasa setengah hari, dari subuh hingga waktu Dzuhur. Seiring bertambahnya usia, tambah waktu puasanya.

Sumber: Designed by Freepik

Puasa makanan tertentu saja Puasa juga menjadi kesempatan Anda untuk membiasakan pola makan yang sehat. Kalau si kecil suka makan permen atau keripik, misalnya, minta agar ia tidak makan makanan kesukaannya tersebut. Ia boleh makan seperti biasa namun tidak ngemil makanan tersebut sampai saat berbuka puasa.

Sumber: Designed by Freepik

Beri contoh bahwa puasa itu menyenangkan Anak-anak akan selalu mencontoh orangtuanya. Tunjukkan bahwa Anda ikhlas dan senang melakukannya. Misalnya, tidak mengeluh saat terasa lapar, tidak terus gelisah melihat jam menjelang buka puasa, dan katakan juga bahwa Tuhan pasti senang karena anak bisa berpuasa.

Sumber: Designed by Freepik

Ajak anak menyiapkan keperluan puasa

Misalnya, ikut menata meja makan menjelang buka puasa, atau menyiapkan takjil dan membaginya untuk yang lain. Melibatkan anak dalam kegiatan ini akan memberikan pemahaman lebih baik mengenai makna puasa dan menjalaninya dengan bahagia.

 

Sumber: Designed by Freepik

Jika anak batal berpuasa Pasti ada masanya anak merengek minta membatalkan puasa, atau lupa bahwa mereka sedang berpuasa. Karena itu, tak perlu kecewa dengan kegagalan anak dalam proses pembelajarannya ini. Justru Anda harus terus menyemangatinya agar tidak mudah menyerah.

Sumber: Kira auf der Heide

Berikan reward untuk keberhasilannya Si kecil mungkin hanya betah puasa selama beberapa jam, atau beberapa hari saja. Meskipun begitu, tetap berikan pujian dan penghargaan setelah mereka berbuka puasa. Entah itu berupa tiga bintang di catatan kegiatannya, atau sekadar ucapan “Adik hebat!”, namun penghargaan ini pasti akan meningkatkan semangat mereka untuk berpuasa lagi.

Sumber: LesPrivat99.com

Ajak mereka terlibat dalam aktivitas Ramadan lainnya Ajak anak shalat lima waktu, tarawih, membaca Al Quran bersama, atau menyanyikan lagu-lagu populer bertema Ramadan. Selain membuat mereka merasa menjadi dewasa karena terlibat, juga supaya mengenal tradisi Ramadan. Ketika anak merasa tertarik, Anda akan mudah menjelaskan mengapa kita perlu berpuasa di bulan suci ini.

This Page is Under Construction