BEAUTY & FASHION
Ini Langkah Mendapatkan Kulit Sebening Kaca Seperti Wanita Korea
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Korea Selatan bisa dibilang jadi salah satu kiblat tren kecantikan dunia. Negeri Ginseng ini sukses memopulerkan BB cream, cushion foundation, no makeup makeup look, dan yang terbaru, ‘glass skin’.

Istilah ‘glass skin’ pertama kali populer pada akhir 2017 dan digunakan para wanita di Korea untuk menggambarkan kulit mulus tanpa noda, nyaris tanpa pori-pori dan tampak sehat bercahaya. Saking mulus dan bercahaya, kulit terlihat seperti transparan, atau hiperbolanya, sebening kaca.

Memiliki tampilan ‘glass skin’ jadi obsesi para wanita di Korea –dan kini merambah ke Asia hingga Eropa– karena merefleksikan kulit yang awet muda dan menjadi definisi kulit sehat. Standar kecantikan wanita Korea juga ditentukan dari seberapa berkilau dan mulus kulit seseorang.

Maka tak heran jika wanita Korea akan menghabiskan budget bulanannya untuk membeli berbagai rangkaian produk perawatan kulit. Tak sekadar facial foam, pelembab dan tabir surya. Tapi juga essence, serum, facial scrub, hingga sleeping mask.

Gimana sih, caranya mendapatkan ‘glass skin’ atau kulit sehat berkilau sebening kaca? Setiap orang mungkin punya ritual kecantikan sendiri tergantung dari jenis dan kondisi kulit. Namun ada beberapa produk, langkah dan teknik tertentu yang bisa dilakukan kalau kamu ingin punya kulit bak wanita Korea. Simak tipsnya!

Sumber: Freepik, Pinterest, Pinterest 

Double Cleansing Jangan pernah melewatkan dua langkah membersihkan wajah. Terlebih lagi di malam hari. Pertama, bersihkan makeup dengan makeup remover, micellar water, cleansing water ataupun cleansing oil. Setelah itu tuntaskan dengan sabun muka atau facial foam supaya sisa makeup, minyak dan kotoran benar-benar hilang dari wajah.

Sumber: Pinterest, Pinterest

Tujuh Lapis Toner Gunakan jenis toner yang berfungsi melembapkan kulit. Pakai tanganmu untuk mengaplikasikan toner dengan cara ditepuk-tepuk ke seluruh wajah sampai terserap sempurna ke kulit. Tunggu beberapa saat, lalu ulangi langkah ini sampai tujuh kali. Memakai tujuh lapis toner dipercaya bisa memberi kelembapan ekstra pada kulit sehingga kulit bebas dari masalah dan tak berminyak.

Sumber: Freepik , Freepik, Pinterest

Serum Setelah toner, langkah berikutnya adalah serum. Pilih serum sesuai jenis kulit atau kebutuhan kulitmu. Entah itu anti-aging, oil control atau brightening. Serum biasanya memiliki kandungan bahan aktif lebih banyak dan teksturnya lebih cair ketimbang pelembap sehingga lebih cepat terserap kulit.

Sumber: Shutterstock

Pelembap Kunci semua bahan aktif pada serum dengan memakai pelembap setelahnya. Pelembap tak hanya berfungsi melembapkan, tapi juga mengunci hasil dari perawatan sebelumnya mulai dari toner hingga serum.

Sumber: Pinterest, Freepik

Tabir Surya Wanita Korea nggak pernah lupa memakai sunscreen atau tabir surya saat keluar rumah. Tak peduli sebanyak dan seintens apapun kamu merawat kulit di rumah, hasilnya akan sia-sia kalau kamu tak melindungi kulit dari efek merusak sinar matahari yang bisa menyebabkan flek, keriput hingga jerawat.

Sumber: Shutterstock

Sleeping Mask Setelah cuci muka, pakai toner, serum dan pelembap, wanita Korea biasanya akan memakai sleeping mask sebagai tahapan akhir perawatan kulit di malam hari. Produk-produk berlabel sleeping mask biasanya mengandung bahan yang berfungsi melembapkan dan detoksifikasi yang bekerja saat kita tidur. Sehingga ketika bangun pagi, wajah terasa lebih sehat dan bercahaya.

Sumber: Shutterstock

Eksfoliasi Salah satu ritual penting yang harus dilakukan kalau kamu ingin mendapatkan ‘glass skin’, yaitu eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Produk mengandung AHA atau BHA berfungsi mengelupaskan kulit mati dan ‘membuka’ sel kulit baru sehingga tampilan wajah lebih cerah dan sehat. Produk eksfoliasi biasanya ada yang berbentuk cair, gel, pads atau scrub. Eksfoliasi sebaiknya jangan dilakukan setiap hari, cukup dua kali seminggu.

Sumber: Freepik

Konsisten ‘Glass skin’ nggak bisa didapat hanya dengan sekali perawatan. Kecuali kamu cukup punya budget untuk pergi ke klinik kecantikan untuk facial rutin. Kunci dari perawatan ‘glass skin’ adalah melakukannya secara rutin dan hasilnya biasanya baru terlihat dalam 2-3 bulan. Selain itu kamu juga perlu diet makanan bernutrisi, cukup minum air putih dan bila perlu konsumsi suplemen kulit.

This Page is Under Construction