Lifestyle
Kenapa Pria Butuh Donor Darah?
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Sumber: Instagram, Freepik

Soal berbagi, termasuk mendonorkan darah yang nantinya akan disumbangkan kepada Palang Merah Indonesia, sebenarnya tidak dibatasi perempuan atau laki-laki. Donor darah yang merupakan tindakan mulia sebenarnya pun tidak membutuhkan alasan untuk melakukannya. Bukankah berbagi apalagi menolong orang lain merupakan perbuatan mulia, yang dampaknya pasti akan kembali kepada diri sendiri, termasuk rasa bahagia dari dalam diri karena bisa membantu sesama.

Meski begitu ada alasan kesehatan kenapa pria butuh donor darah. Satu hal yang pasti, ketika seseorang mendonorkan darahnya, ia harus dalam kondisi sehat. Artinya, kalau seorang pria mendonorkan darahnya, kondisi kesehatannya harus memenuhi syarat donor darah. Kita akan ulas juga ya syarat donor darah dari PMI di artikel ini.

Secara umum, tak terbatas jenis kelamin, donor darah bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Mengutip dari American Journal of Epidemiology, donor darah bisa 33 persen mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan 88% mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu donor darah juga bisa mengurangi simpanan zat besi.  Loh zat besinya jadi berkurang dong? Untuk orang yang cenderung memiliki kadar zat besi tinggi dalam tubuhnya memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung. Jadi, dengan rutin donor darah berkala, seorang pria dengan kadar zat besi tinggi, bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Selain itu, bedanya perempuan dan laki-laki adalah kalau perempuan mengalami siklus menstruasi bulanan, ini tidak terjadi pada pria.

Mengutip dari Trubus.id, siklus menstruasi pada perempuan membuat aliran darah menjadi lebih cepat, pergantian sel darah menjadi lebih cepat. Nah, berhubung setiap empat bulan sel darah merah akan mati dan dibutuhkan sel darah baru, maka pria sangat butuh donor darah karena tidak punya siklus bulanan seperti perempuan, dalam rangka mengganti sel darah baru ini.

Donor darah juga bisa membakar kalori lho. Riset dari St Mary’s Medical Center, Blue Springs, donor darah bisa membakar hingga 650 kalori per sekali donasi.

Nah, sekarang coba kita cari tahu dari para lelaki yang rutin mendonorkan darahnya. Apa sih manfaat yang dirasakan? Kenapa donor darah dan biasanya berapa kali melakukannya?

Satto Raji (38), fotografer yang berdomisili di Tangerang, mengaku mengikuti event bakti sosial donor darah setahun dua kali. Baginya donor darah membuat tubuh lebih segar dan ia melakukan untuk alasan kesehatan.

“Barangkali sugesti ya, tapi seperti punya darah baru, karena darah lama didonorkan, bukan darah kotor ya tapi darah yang sudah ada dalam tubuh dengan donor seperti tergantikan dengan yang baru.  Cowok kan enggak punya siklus mens seperti perempuan yang tiap bulan ada pergantian darah baru,” kata pemilik akun Instagram @sattoraji ini.

Didik Purwanto (35), karyawan swasta, mengaku selain bisa membantu sesama, donor darah menurutnya itu bisa mengurangi penyakit. “Lebih enteng aja gitu rasanya,” kata pemilik akun Instagram @ditopuccino ini. Meski mengaku sudah hampir dua tahun belum donor darah, setelah sebelumnya rutin 2-3 kali setahun, Didik ingin kembali donor darah. Pasalnya, donor darah itu jadi semacam tes kesehatan karena ada konsultasi dokter juga dan mengukur kondisi kesehatan fisik sebelum donor. Didik punya pengalaman unik saat donor, dokter menggerakkan selang saat donor supaya darah mengalir. Rupanya darahnya sempat beku karena terlalu banyak makan sayur dan kurang minum air putih. Solusinya perbanyak minum air putih supaya darah mengalir lancar di dalam tubuh, termasuk saat donor darah.

Kalau Didno (42) biasanya 3-4 kali donor darah dalam setahun dengan datang ke PMI atau saat PMI datang ke sekolah tempatnya mengajar. Menurutnya, donor darah bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga kesehatan jantung, mengecek kesehatan gratis sebelum donor, dan membantu menyelamatkan orang lain.

“Biasanya setelah donor darah badan terasa enteng beda rasanya dengan sebelum donor,” kata pemilik akun Instagram @didno76.

Sudah tahu dong sekarang manfaat donor darah untuk pria? Kalau kamu jadi ingin segera donor darah, perhatikan juga ya syaratnya. Kamu boleh donor darah kalau memenuhi syarat dari PMI ini:

  • Usia 17-60 tahun (usia 17 tahun boleh donor darah bila mendapat izin tertulis dari orangtua)
  • Beran badan minimal 45 kg
  • Temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat Celcius
  • Tekanan darah baik yaitu sistole= 110-160 mmHg, diastole=70-100 mmHg
  • Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit
  • Hemoglobin perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram
  • Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak lima kali dengan jarak sekurangnya tiga bulan
  • Calon donor dapat mengambil dan menandatangani formulir pendaftaran, menjalani pemeriksaan pendahuluan, seperti kondisi berat badan, HB, golongan darah, dilanjutkan dengan pemeriksaan dokter.

 Informasi donor darah bisa juga didapatkan di situs resmi PMI http://www.pmi.or.id

This Page is Under Construction