Lifestyle
Liburan Jangan Sampai Sakit, Cegah dengan 6 Cara Ini!
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Libur Lebaran nggak cuma bisa dinikmati kamu yang memang merayakan Hari Raya Idul Fitri. Liburan panjang kali ini juga bisa dimanfaatkan untuk relaksasi dan bersenang-senang, sebelum nanti ketemu lagi dengan setumpuk pekerjaan saat masuk nanti. Meskipun liburan panjang, kamu juga perlu lho jaga kesehatan. Jangan sampai ketika harus masuk kerja lagi, tubuh malah jadi lemas dan sakit karena kelelahan. Manfaat libur kan untuk menyehatkan pikiran, kalau kamu sakit, tentu jadinya nggak enak.

Nah, supaya tubuh tetap sehat saat liburan atau mudik, kamu perlu ikuti langkah-langkah ini. Yuk, simak!

Sumber: Designed by Freepik

Siapkan Fisik

Kesehatan fisik nggak cuma perlu dijaga, tapi juga dipersiapkan. Sebelum liburan ada baiknya kamu menyiapkan kesehatan secara ekstra. Caranya dengan rutin olahraga, tidur cukup dan teratur, perbanyak makanan bernutrisi juga kurangi konsumsi kafein serta minuman beralkohol. Kondisi fisik yang prima akan membuat kamu nggak mudah tertular penyakit atau terkena virus flu selama perjalanan.

Sumber: Designed by Freepik

Rajin Cuci Tangan Kamu mau bepergian dengan pesawat, bus, kapal laut ataupun kereta, jangan pernah lupa cuci tangan. Langkah kecil ini penting dilakukan untuk menjaga kamu supaya tidak gampang terpapar virus atau bakteri dari lingkungan luar. Jangan lupa cuci tangan terutama sebelum dan sesudah makan, atau setelah memakai toilet. Kalau nggak memungkinkan untuk cuci tangan, sediakan selalu hand sanitizer atau pembersih tangan tanpa bilas.

Sumber: India Mart

Pakai Masker

Masker berfungsi mencegah kamu tertular, atau menularkan penyakit. Kalaupun kamu sedang tidak sakit, pakai masker akan mencegah tanganmu menyentuh wajah. Banyak yang nggak sadar kalau tangan sangat berpotensi menyebarkan bakteri atau virus karena telah menyentuh berbagai benda. Umumnya bakteri sering tersebar dari tangan ke mata, hidung dan mulut.

Sumber: Designed by Freepik

Jangan Sampai Kelaparan

Ketika perut terlalu lapar kamu jadi ingin mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, minyak, serta manis. Oleh karena itu jangan sampai biarkan perut kelaparan. Siapkan perbekalan yang cukup, misalnya camilan sehat. Camilan bisa mencegah kamu makan berlebihan. Segenggam almond, rujak, biskuit gandum, roti atau buah kering bisa kamu bawa untuk bekal.

Sumber: Designed by Freepik

Banyak Minum Air

Saat liburan, tubuh akan lebih banyak beraktivitas dari biasanya. Untuk itu tubuh juga memerlukan air yang cukup agar tidak lemas dan dehidrasi. Kamu nggak harus selalu minum air putih. Supaya nggak bosan, bisa juga dengan minum jus segar, air kelapa atau susu. Tubuh yang kekurangan cairan akan menjadi lemas, pusing dan mood tidak stabil. Kamu tentunya nggak ingin momen liburan jadi rusak hanya karena kurang minum.

Sumber: Designed by Freepik

Kurangi Makan Junk Food Hindari makan terlalu banyak junk food yang tinggi kalori tapi rendah nutrisi. Usahakan makan makanan yang diolah dari bahan utuh misalnya restoran ala Sunda, Jawa atau Padang. Kalau membeli makanan di supermarket, tanyakan apakah mereka menyediakan buah-buahan atau salad. Akan lebih baik kalau kamu bawa bekal sendiri berisi nasi, lauk-pauk, sayuran atau buah potong.
This Page is Under Construction