Family
Luar Biasa, Ternyata Ini Manfaat Puasa buat Anak
SHARE THIS POST
0 0 0 0
Tentu, Anda akan mengajarkan anak untuk ikut berpuasa Ramadan. Tetapi, apa sih sebenarnya manfaat berpuasa untuk anak? Ternyata, banyak sekali manfaat berpuasa untuk anak.

Sumber: Designed by Freepik

Membiasakan anak makan dengan teratur Anak terbiasa makan sesukanya kalau sudah lapar, makan sambil bermain, atau makan di kamar tidur? Nah, dengan adanya buka puasa dan sahur, anak dibiasakan untuk makan bersama di meja makan dan pada waktu yang sama setiap hari. Dengan sendirinya hal ini juga membantu mendisplinkan anak pada waktu.

Sumber:Designed by Freepik

Kembali ke keluarga Hal yang paling dinanti saat puasa adalah berbuka puasa di rumah bersama keluarga. Jadi jika karena kesibukan kerja biasanya Anda, suami, dan anak makan sendiri-sendiri pada malam hari, saat puasa Anda mengusahakan supaya bisa tiba di rumah pada waktu berbuka. Kebersamaan saat berbuka puasa dan sahur tentunya membangun relasi keluarga yang lebih baik.

Sumber:Designed by Freepik

Mengajarkan anak untuk menahan diri

Puasa sejatinya bukan sekadar menahan lapar dan haus. Karena itu, Anda bisa mulai mengajarkan makna puasa yang sebenarnya pada anak-anak. Yaitu, menahan hawa nafsu. Ajarkan anak untuk tidak lekas marah, mudah ngambek,  atau memaksakan kehendaknya ketika apa yang diinginkan tidak dipenuhi.

Sumber: Designed by Freepik

Melatih kesabaran Manfaat puasa untuk anak lainnya adalah melatih kesabarannya. Untuk anak-anak yang masih kecil, Anda bisa memberikan sajian kesukaan mereka saat berbuka puasa. Tetapi untuk mendapatkan hadiah tersebut, tentunya mereka harus bersabar sampai waktu berbuka tiba.  

Sumber: Designed by Freepik

Menanamkan kasih sayang Kebaikan dan kasih sayang adalah dua kualitas yang bisa kita tanamkan pada karakter anak. Ajak anak mendonasikan zakat, atau membantu sesame tanpa harus menggunakan uang, seperti menyumbangkan pakaian atau mainan bekas. Ajarkan pula anak untuk selalu tersenyum dan menyapa, juga menawarkan untuk membantu orang lain.  

Sumber: Designed by Freepik

Belajar mencintai Qur’an Karena Bulan Ramadan berkaitan dengan pengungkapan Kitab Suci Al Qur’an, gunakan momen ini untuk mengenalkan anak pada Al Qur’an. Anda bisa membacakan ayat Al Qur’an menjelang anak tidur untuk pengganti bedtime stories. Agar isi kitab suci lebih meresap, minta mereka mengulang bacaan yang mereka dengarkan.   Semoga manfaat berpuasa untuk anak ini bisa Anda dapatkan juga, ya.  
This Page is Under Construction