Food
Menu Lebaran di Berbagai Daerah di Indonesia Selain Opor Ayam
SHARE THIS POST
0 0 0 0
Ketupat, opor ayam, dan sambal goreng hati ternyata bukan satu-satunya hidangan Lebaran. Ada banyak menu Lebaran di berbagai daerah di Indonesia selain ketupat dan opor ayam.

Sumber: Pomaci Kitchen

Rendang (Sumatra Barat) Untuk menu Lebaran, apa lagi yang disuguhkan masyarakat Minang sebagai teman makan ketupat kalau bukan rendang? Tentunya rendang khas Padang yang kering. Jenisnya juga bukan hanya rendang daging, tetapi rendang telur yang renyah, rendang ayam, rendang paru, rendang jengkol, atau rendang lokan (kerang).  

Sumber: Ramesia

Semur Daging (Jakarta) Semur daging ternyata juga selalu disuguhkan saat Lebaran. Seperti rendang yang bisa menggunakan bahan apa saja, semur juga bisa menggunakan ayam, telur, tahu, atau perkedel. Tapi yang paling khas bagi masyarakat Betawi tentunya semur jengkol.  

Sumber: Indonesia Medan Food

Gulai Nangka Muda (Medan) Masakan gulai ini biasanya menggunakan nangka muda, daging, dan kacang panjang. Rasanya pun khas karena dimasak dengan bumbu-bumbu gulai seperti biasanya. Meskipun begitu, gulai nangka muda ini tetap menjadi sajian istimewa saat Lebaran, apalagi karena disajikan dengan ketupat.

Sumber: Jadi Berita

Kuah Labu (Aceh) Menu Lebaran di daerah Aceh ini terkesan sederhana, tapi sebenarnya hidangan bersantan ini sangat lezat. Sebab, selain labu air juga ada iga sapi yang dimasak dengan jahe, ketumbar, kunyit, kelapa sangrai, dan berbagai daun aromatik seperti daun temurui dan daun salam koja.  

Sumber: Cookpad

Kella Pate (Madura) Hidangan pendamping lontong ini berupa potongan ikan tenggiri goreng yang dimasak dengan santan dan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, kencur, merica, kemiri, jintan, dan terasi. Biasanya ditambahkan sambal belimbing wuluh untuk penyedap.

Sumber: Selerasa

Panggang Haruan (Banjar) Di Banjar, ketupat atau lontong disantap bersama Panggang Haruan, ikan gabus asap yang dimasak dengan bumbu-bumbu tumis dan santan. Masakan yang juga disebut Haruan Masak Habang ini lalu dihidangkan dengan ayam rebus  atau telur bebek atau, juga sambal goreng.

Sumber: Sumber

Nasi Sungkui (Kalimantan Barat) Hidangan Lebaran di daerah Sanggau yang mirip lontong ini dulunya dibuat dari beras, jagung, dan sejenis padi-padian bernama yoli. Tetapi saat ini hanya dibuat dari beras, dan disajikan dengan serundeng, rendang atau opor, juga sambal nanas. Sayangnya, nasi sungkui jarang dijumpai lagi karena daun sungkui sudah sulit ditemukan.  

Sumber: Kooliner

Kalumpe (Kalimantan Timur) Kalumpe atau Karuang, terbuat daun singkong yang dicampur terong kecil (terong pipit) lalu ditumbuk halus dengan bawang merah, bawang putih, serai dan lengkuas. Biasanya disajikan panas-panas dengan sambal terasi dan ikan asin.  

Sumber: Luna Lanun

Tumbu (Ujung Pandang) Terbuat dari ketan hitam yang dikukus sampai setengah matang. Setelah itu dicampur santan kental yang sudah mendidih, kemudian dibungkus daun pisang dan direbus sampai matang. Tumbu dan burasa (beras yang dimasak dengan santan, lalu dibungkus seperti lontong) sering dijadikan pengganti nasi atau ketupat untuk makan manu likku (ayam masak lengkuas). Itulah menu Lebaran di berbagai daerah di Indonesia. Anda mau coba?
This Page is Under Construction