Food
Menu Sahur yang Bikin Kuat Puasa, Yuk Dicoba!
SHARE THIS POST
0 1 0 0

Walaupun saat berpuasa waktu makan Anda berubah, namun pada dasarnya menu sahur dan buka puasa tetap harus mengandung setiap kelompok makanan yaitu karbohidrat kompleks, protein, lemak baik, serat, serta buah dan sayuran. Mengapa harus memilih jenis makanan ini?

Karbohidrat kompleks seperti kentang, ubi, nasi merah, atau quinoa dicerna lebih lambat sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu juga membantu mengatur kadar gula darah agar tidak melonjak dengan cepat. Protein dan lemak sehat juga membantu agar tetap kenyang dan berenergi. Serat pun membantu mengatur kadar gula darah, dan mencegah sembelit. Sedangkan buah dan sayuran membantu agar Anda tidak kekurangan cairan.

Berdasarkan pedoman tersebut, Anda bisa mengolah menu sahur yang bikin kuat puasa seperti ini:

Sumber:Annie Spratt

Nasi merah dengan sayur dan lauk seperti biasa, karena pada dasarnya nasi merah sendiri sudah mengandung serat lebih banyak daripada nasi putih. Sayurnya bisa sayur bening atau sapo tahu (berisi jamur, sawi hijau, dan ayam), ditambah tahu tempe, ikan nila bakar, atau telur rebus.

Sumber: Designed by Freepik

Sup sayur dengan buncis dan wortel, sup kacang merah, atau sup kacang hijau dengan potongan daging sapi, adalah kombinasi protein dan serat yang mengenyangkan. Anda juga bisa membuat salad alpukat dengan tambahan suwiran ikan tuna, atau salad cobb.

Sumber:Brenda Godinez

Roti gandum dengan selai kacang dan potongan pisang, atau roti gandum dengan olesan alpukat (sumber lemak baik) yang ditumbuk. Beri sedikit minyak zaitun pada olesan alpukat agar lebih sedap dan gurih. Mau ditambah potongan telur rebus juga bisa. Menu sahur ini bikin kuat puasa dan super yummy!

Sumber: Alexandra Andersson

Kentang, bisa diolah menjadi berbagai masakan, seperti sup kentang, kentang kukus, kentang panggang, kentang tumbuk (mashed potato), salad kentang, atau kaserol. Tambahkan sayur seperti brokoli, yogurt tawar, daging tanpa lemak, juga taburan rempah kering untuk penambah rasa.

Sumber: Designed by Freepik

Omelet bisa jadi alternatif untuk Anda yang kurang suka makan terlalu kenyang saat sahur. Tambahkan jamur, potongan tomat, atau sosis, juga sedikit keju.

Sumber:Designed by Freepik

Quinoa, serealia yang kaya serat ini bisa jadi pengganti nasi. Setelah dimasak, Anda bisa menambahkan tomat ceri dan jamur panggang, serta perkedel kentang. Atau, masak quinoa sebagai nasi goreng dan tambahkan telur.

Sumber: Element5 Digital

Jus buah atau buah potong, seperti semangka, pepaya, apel, tomat, atau jeruk, yang kandungan air, serat, dan vitamin C-nya cukup tinggi. Anda bukan hanya dapat menahan haus tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh. Oya, usahakan jus buahnya tidak diberi gula ya.

Selain menu-menu di atas, jangan lupa minum susu dan air putih dua sampai tiga gelas untuk menjaga tubuh tetap segar dan terhidrasi. Nah, ternyata banyak juga menu sahur yang bikin kuat puasa seharian. Anda bisa memodifikasi sesuai selera!

 
This Page is Under Construction