Lifestyle
Rumus Aktivitas Fisik yang Bikin Jantung Lebih Sehat
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Sumber: Freepik

Risiko penyakit jantung makin tak kenal usia. Siapa pun, perempuan dan laki-laki makin mudah terkena serangan jantung. Pola makan dan gaya hidup sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kita. Belakangan makin sering tersiar kabar, baik di media massa maupun kerabat atau orang dekat, mereka yang masih muda usianya, 20 hingga 30-an tahun mengalami serangan jantung.

Rasanya tak perlu mencari alasan untuk kita mulai melakukan berbagai kebiasaan baik demi kesehatan jantung. Aktivitas fisik atau olahraga minimal jalan kaki 30 menit per hari bisa kita jadikan kebiasaan baik. Atau naik turun tangga, serta aktivitas fisik lainnya.

Menurut drg. Kartini Rustandi, Direktur Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI, semua aktivitas fisik adalah kebiasaan baik yang juga berdampak untuk kesehatan jantung. Namun, katanya, semua aktivitas fisik bisa membawa manfaat kesehatan kalau dilakukan dengan rumus BBTT yakni Baik, Benar, Teratur, Terukur.

Baik adalah aktivitas fisik yang disesuaikan dengan kondisi fisik dan kemampuan supaya tidak menimbulkan dampak yang merugikan (gerakan, lingkungan, pakaian, sepatu dll)

Benar adalah aktivitas fisik yang dilakukan secara bertahap dan dimulai dari latihan pemanasan (termasuk peregangan), latihan inti (latihan pada intensitas yang dituju), latihan pendinginan (termasuk peregangan).

Terukur adalah aktivitas fisik yang dilakukan dengan mengukur intensitas dan waktu latihan.

Teratur adalah aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur 3-5 kali dalam seminggu dengan selang waktu istirahat.

Jadi, kalau mau jalan kaki, atau olahraga di ruang terbuka pun di pusat kebugaran pastikan rumus BBTT ini terpenuhi. Pastikan olahraga yang kita lakukan baik dan benar serta terukur dan teratur.

Kalau hanya sesekali olahraga sering bolosnya, jangan berharap muluk berdampak untuk kesehatan jiwa raga.

Semangat! Ayo kita mulai kebiasaan baik dengan rumus mujarab.

This Page is Under Construction