Food
Selain Tiramisu, Ini Hidangan Lain yang Bisa Diolah dengan Kopi
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Semua orang pasti tidak meragukan kenikmatan kopi sebagai minuman, tetapi belum banyak yang mempertimbangkannya sebagai penambah citarasa masakan. Kopi bisa menjadi bumbu masak serbaguna yang bisa menambah aroma pada berbagai resep masakan. Kualitas sangrai, kepahitan, dan keasaman kopi, bisa menjadi penguat rasa manis, gurih, atau nutty pada bahan makanan. Kopi tidak hanya cocok diolah sebagai puding, tetapi juga bahan perendam dan pelapis daging.

Pada dasarnya, ada beberapa alasan mengolah hidangan dengan kopi, di antaranya:

Meningkatkan rasa cokelat Menambahkan kopi pada resep dessert yang menggunakan cokelat akan meningkatkan citarasa cokelatnya, sekaligus mengurangi tingkat kemanisannya.

Menambah kompleksitas Kalau Anda menambahkan kopi pada hidangan, citarasa masakan secara keseluruhan menjadi kompleks. Anda bisa menambahkan kopi pada sup, tumisan, atau ungkepan, dan lihat bagaimana kopi membaur mudah dengan citarasa yang lain.

Mengempukkan daging atau bahan makanan lain Kopi tidak hanya menciptakan aroma asap yang lezat, tetapi juga membuat daging lebih empuk. Anda bisa menggosokkan bubuk kopi begitu saja pada daging, dan tinggal menyapu kelebihan bubuk itu sebelum daging siap dikonsumsi.

Menghilangkan aroma tajam dari makanan Biasanya Anda menyimpan bubuk kopi untuk menyerap aroma tak sedap dari dalam mobil. Hal yang sama bisa Anda coba ketika memasak bahan makanan yang memiliki aroma tajam atau langu seperti daging kambing atau jengkol.

Karena itu, jangan ragu untuk menambahkan kopi ke dalam hidangan manis maupun gurih yang Anda siapkan. Selain tiramisu, ini beberapa hidangan yang bisa diolah dengan kopi:

Sumber: Instagram

Puding kopi Puding kopi barangkali satu-satunya kudapan yang membiarkan pahitnya kopi terasa dengan jelas. Puding ini akan disukai siapa saja, termasuk yang bukan penggemar kopi. Jika Anda tidak terlalu suka rasa pahitnya, cukup tambahkan dengan vla yang manis.

Sumber: Instagram

Kue lapis kopi Siapa yang tak suka legitnya kue lapis? Jajanan pasar ini ternyata bisa dibuat lebih mewah dengan tambahan kopi. Modalnya hanya kopi instan sachet yang dilarutkan dengan santan, sekaligus untuk memberi warna coklat pada lapisnya.

Sumber: Instagram

Coffee bun Roti beraroma kopi ala Rotiboy ini garing di luar dan lembut di dalam dengan rasa yang legit. Kopi instan digunakan sebagai bahan topping-nya, sebagai tambahan putih telur, gula, mentega, tepung terigu, dan maizena. Nikmati dengan secangkir kopi yang pahit.

Sumber: Instagram

Brownies kopi Cokelat dan kopi amat mudah menyatu, dan saling melengkapi. Anda bahkan hanya perlu menambahkan 1,5 sendok teh kopi instan ke dalam adonan cokelat dan mentega yang sudah dilelehkan, ditambah ½ sendok teh kopi untuk lapisan gulanya.

Sumber: Instagram

Cappuccino-fudge cheesecake Satu hal yang tidak Anda duga, kopi ternyata bisa menguatkan citarasa keju. Jadi, kombinasi dari cokelat dan kopi dalam cheesecake yang creamy pasti akan sulit diabaikan.

Sumber: Instagram

Coffee rubbed burger Burger ala Goods Burger ini terbuat dari daging sapi yang diolah dengan kopi, dan disajikan dengan bacon, keju, tomat, selada, serta french fries. Lapisan kopi ini akan menambah tekstur pada daging burger-nya.

Sumber: Wanita Indonesia

Semur jengkol Banyak orang yang menghindari jengkol karena tidak suka baunya. Untuk mengatasi bau langu jengkol, sebelum dimasak rendam jengkol yang sudah ditambahi beberapa sendok kopi selama semalaman. Esoknya, rebus jengkol masih dengan air campuran kopi. Cara ini membuat jengkol  tidak berbau dan lebih empuk.

Jangan lupa, mengolah hidangan dengan kopi akan menambah kompleksitas pada resep Anda.  Sebagai awal, Anda bisa mencoba mengombinasikannya dengan kayumanis, cengkeh, bawang putih, dan garam. Pasti tak akan gagal!

This Page is Under Construction