Food
Thai Tea Masih Digemari, Yuk Sontek Resep ala Kedainya
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Sumber: Shutterstock

Beberapa tahun terakhir ini, Thai Ice Tea menjadi minuman yang sangat popular. Thai Ice Tea atau disebut cha yen dalam Bahasa Thai, mudah ditemukan di mana-mana. Dari kios di pasar tradisional, mall, hingga restoran. Tidak mengherankan pula jika minuman ini sangat digemari, karena rasanya manis dan segar. Cocok untuk menghilangkan dahaga dan keinginan menikmati yang manis-manis.

Sebenarnya, Thai Ice Tea yang Anda kenal sekarang ini bukan versi klasik dari minuman khas Thailand tersebut. Teh bercita rasa creamy dengan warna oranye kecoklatan ini boleh dibilang sudah mendapat pengaruh dari Barat dengan rasa manisnya.

Awal mulanya, orang Thailand menggunakan teh hitam yang kental untuk membuat Thai Ice Tea. Namun, sekarang mereka hampir selalu menggunakan teh lokal merek Number One Brand yang sudah dicampuri rempah-rempah. Minuman ini dibuat dengan memasukkan daun teh ke dalam poci, menyeduh daun teh itu selama beberapa saat, lalu menambahkan susu kental manis dan tumbukan es batu.

Tidak seperti negara lain yang memiliki budaya minum teh, menurut chef dan pemilik restoran Kin Khao di San Francisco, Pim Techamuanvivit, Thai Ice Tea juga tidak disajikan di rumah. Teh ini biasa dijual di kedai kopi atau di gerobak-gerobak penjual minuman di jalan. Penyajiannya pun cukup di gelas atau di kantung plastik.

Techamuanvivit mengatakan, es teh Thai yang asli tidak dibuat dengan pewarna makanan (yang membuat warnanya jadi oranye) atau tambahan citarasa apapun. Hanya saja di Thailand, karena arus wisatawan Amerika, Thai Ice Tea akhirnya disajikan dengan versi Barat di kebanyakan restoran. Dan versi Barat itulah yang lebih populer di segala tempat sekarang ini, termasuk di Indonesia.

Walaupun cha yen bisa dibeli di mall, tak ada salahnya juga jika Anda ingin bisa membuat minuman ini sendiri di rumah. Resep untuk segelas Thai Ice Tea ala kedai minuman ini cukup mudah dibuat.

Bahan: 1 sdm Thai black tea 1 cangkir air mendidih 2 sdt susu kental manis 2 sdt susu evaporasi (misalnya Carnation atau F&N) 2 sdt gula pasir 1 cangkir es batu yang sudah ditumbuk

Cara membuat:

  1. Ambil saringan teh, lalu tuangkan 1 sdm black tea. Tumpangkan saringan teh ini ke atas mangkuk atau cangkir besar untuk menyeduh tehnya.
  2. Tuangkan 1 cangkir air mendidih ke saringan teh berisi teh hitam, tekan-tekan dan aduk untuk menyeduh teh dan mengekstraksi citarasanya. Rendam saringan teh berikut isinya selama beberapa menit sampai warnanya menjadi gelap.
  3. Tuangkan teh hitam tersebut ke gelas yang baru. Tambahkan gula dan susu kental manis, aduk. Kemudian tambahkan susu evaporasi, aduk lagi tehnya sampai semua tercampur.
  4. Ambil gelas yang lain, isi dengan es batu. Perlahan tuangkan campuran teh panas itu ke atas es. Agar citarasanya lebih creamy, tuangkan sedikit susu evaporasi lagi.
  5. Thai Ice Tea siap dinikmati.

Mudah kan, cara membuat Thai Ice Tea ini?

This Page is Under Construction