Lifestyle
Tips Mengatur THR Agar Tidak Langsung Habis Sebelum Lebaran
SHARE THIS POST
0 0 0 0
Menerima uang Tunjangan Hari Raya (THR) pasti akan membuat Anda tersenyum lebar. Terbayang Anda dapat segera memenuhi semua kebutuhan untuk Lebaran. Namun, agar uang tidak langsung habis sebelum waktunya, ikuti tips mengatur THR berikut ini.

Sumber: Designed by Freepik

Sisihkan untuk tabungan Menyisihkan uang THR itu paling baik jika dilakukan begitu menerima uangnya, bukan setelah digunakan untuk belanja berbagai keperluan. Anda bisa menyisihkan sekitar 10-20% dari THR untuk tabungan. Jika Anda menunggu kalau ada sisa dari THR yang belum terpakai, kemungkinan besar hal itu tak akan terwujud.

Sumber: Designed by Freepik

Gunakan gaji untuk keperluan sehari-hari Selain untuk keperluan hari raya, tentunya Anda masih membutuhkan uang untuk keperluan sehari-hari seperti makan, membayar tagihan-tagihan dasar rumah tangga, juga uang sekolah anak. Gunakan gaji Anda untuk membiayai keperluan ini seperti biasanya.

 Sumber: Designed by Freepik

Sisihkan untuk kebutuhan Lebaran Setelah sebagian THR dipisahkan untuk tabungan, barulah Anda menyisihkannya untuk kebutuhan Lebaran. Misalnya, untuk membeli perlengkapan ibadah dan membayarkan zakat, membeli pakaian baru, bahan makanan, THR untuk asisten rumah tangga, angpao untuk anggota keluarga, serta untuk keperluan mudik.  

Sumber: Designed by Freepik

Manfaatkan promo atau diskon Lebaran Sebelumnya, lakukan perbandingan apakah harga-harga promo atau diskon Lebaran yang ditawarkan memang lebih murah daripada biasanya. Jika ya, manfaatkan kesempatan tersebut untuk belanja kebutuhan Lebaran. Gunakan uang tunai untuk membelinya untuk menghindari bunga dari cicilan kartu kredit.

 Sumber: Designed by Freepik

Bayar cicilan utang Istilahnya, mumpung ada dana lebih daripada biasanya, gunakan untuk membayar cicilan utang Anda dengan nilai lebih besar. Karena, membayar utang kartu kredit dengan minimum payment saja tentu hanya akan membuat utang makin besar. Syukur-syukur, Anda bisa menggunakan THR untuk langsung melunasinya.

Sumber: Designed by Freepik

Gunakan untuk investasi Pakar keuangan selalu mengatakan, menabung saja tidak cukup sekarang ini. Karena itu, masukkan dana investasi ke dalam anggaran Lebaran Anda. Jika Anda sudah memiliki produk investasi tertentu, gunakan kelebihan uang THR untuk melakukan top up sehingga profit yang didapatkan pun lebih besar.

Sumber: Designed by Freepik

Dana tak terduga Sekalipun Anda sudah membuat anggaran dengan cermat, bisa jadi akan ada kebutuhan tak terduga selama libur Lebaran. Entah itu anak yang mendadak sakit, sumbangan tambahan, atau siapa tahu anak-anak ingin jalan-jalan keluar kota saat akhir pekan. Sehingga, keperluan ini bisa dipenuhi dengan THR Anda. Tips mengatur THR sebaiknya juga Anda terapkan saat mengatur penghasilan bulanan, agar uang tidak cepat menguap sebelum waktunya.
This Page is Under Construction