Family
Trik Agar Anak Tidak Malas Makan Sahur
SHARE THIS POST
0 0 0 0

Sahur adalah bagian penting dari puasa, karena tanpa sahur anak tidak akan kuat berpuasa. Namun, seringkali anak malas makan sahur karena harus bangun pagi-pagi. Bagaimana agar anak tidak malas makan sahur dan kehilangan kesempatan berpuasa?

Sumber: Designed by Freepik

Tidurkan anak lebih awal supaya mereka bisa bangun pada waktunya saat sahur. Jika biasanya ia tidur pukul 21.00, coba ajak ia tidur satu jam lebih cepat. Hal ini juga mencegah mereka kekurangan tidur karena harus bangun pagi. Tidur cukup juga membantu anak tetap berenergi saat beraktivitas sepanjang hari.

Sumber: Designed by Freepik

Hindari minuman berkafein sebelum tidur. Kafein pada dasarnya merangsang saraf untuk meningkatkan kerja otak. Walaupun kadar kafeinnya lebih rendah daripada teh atau kopi, minuman bersoda yang disukai anak pun akan memberi fungsi yang sama. Minum soda sebelum tidur malam akan membuat anak lebih terjaga dan berakibat bangun lebih siang.

Sumber: Designed by Freepik

Ceritakan apa asyiknya makan sahur, agar anak tidak malas makan sahur. Sebelum tidur, pikirkan sesuatu yang akan membuat anak bersemangat untuk bangun subuh untuk sahur esok harinya. Entah itu menyiapkan makanan favoritnya, boleh tidur lagi sebelum mandi dan berangkat ke sekolah, atau menceritakan pengalaman sahur di kelas.

Sumber: Designed by Freepik

Pasang alarm dengan lagu kesayangan anak. Atau, buat rekaman suara anak yang mengingatkan untuk dibangunkan saat sahur. Lalu, jadikan rekaman ini sebagai ringtone untuk alarm. Dengan mendengarkan janjinya sendiri setiap alarm berbunyi, anak bisa termotivasi untuk bangun pada waktunya.

Sumber: Designed by Freepik

Siapkan hidangan sahur yang bervariasi, agar anak tidak bosan menyantap makanan yang itu-itu saja. Nasi, misalnya, bisa disiapkan sebagai nasi bento dengan karakter yang lucu. Atau, siapkan mi kuah atau makaroni skotel dengan sayur (brokoli atau wortel) dan daging.

Sumber: Designed by Freepik

Biarkan anak menyantap hidangan sahurnya dengan tenang tanpa diburu-buru. Buatlah agar suasananya menyenangkan, misalnya dengan berbagai cerita mengenai pengalaman Anda pertama kali puasa dulu.

Sumber: Designed by Freepik

Katakan bahwa anak boleh tidur sebentar lagi setelah shalat subuh. Tidur delapan jam dan bonus tidur barang satu jam lagi bisa membantu mereka mampu menahan kantuk saat di sekolah.

Nah, agar anak tidak malas makan sahur, coba terapkan trik di atas.

This Page is Under Construction