Food
Yummy! Ini Bahan Makanan Paling Lezat untuk Pesta BBQ di Tahun Baru
SHARE THIS POST
0 1 0 0

Mengadakan pesta barbekyu rasanya sudah menjadi kegiatan wajib untuk menyambut Tahun Baru. Entah dilakukan dalam lingkup keluarga atau komunitas, acara “bakar-bakaran” ini memang selalu menciptakan suasana hangat dan akrab. Siapa saja bisa ikut memasak, membawa bahan makanan favorit, dan menikmatinya sambil duduk bertopang kaki.

Anda bahkan bisa menyesuaikan bahan makanan dengan penyelenggaraan acara BBQ ini. Misalnya, untuk acara kantor yang berlokasi di pinggir pantai Anda bisa membeli ikan yang lebih sulit pengolahannya. Untuk acara makan-makan bersama teman di rumah, cukup gunakan bahan-bahan makanan yang nantinya bisa dijadikan finger food.

Kunci dari finger food yang lezat adalah yang cukup kecil sehingga mudah dipegang, dan cukup gurih sehingga mendorong Anda untuk menikmati minuman. Kudapan tersebut sebaiknya juga memiliki paduan tekstur yang renyah tapi juga lembut. Selain itu, sebaiknya panggang makanan dengan arang ketimbang dengan alat pemanggang dengan gas.

Lalu, apa saja bahan makanan yang cocok untuk hidangan barbeque?

Sumber: Resepkoki

Ikan Memanggang ikan memang lebih sulit daripada memanggang jenis makanan lain. Jika terlalu matang, dagingnya mudah hancur. Ada pula jenis ikan yang tidak cocok untuk dipanggang, misalnya ikan yang dagingnya tipis. Pilih ikan yang dagingnya tebal dan padat, seperti tuna, kakap, baronang, atau bawal. Cukup sajikan ikan bakar ini dengan nasi hangat dan sambal kecap agar Anda dapat tetap merasakan gurih dagingnya.

Sumber: Heartsapps

Daging sapi Ada banyak bagian dari daging sapi yang bisa dimanfaatkan untuk BBQ. Misalnya, has dalam (tenderloin, untuk steak), rib eye, sandung lamur (brisket), strip, skirt (daging paha dalam, bisa dibuat tacos), samcan (flank, bisa untuk isian kebab), dan juga ribs. Anda bisa merendam atau mengolesi daging dengan saus barbeque botolan yang sudah dicampur madu dan mentega. Taburkan juga garam dan merica sebelum dipanggang. Setelah matang, nikmati dengan berbagai saus cocolan, atau bungkus dengan selada untuk langsung dikudap.

Sumber:  DeliciousMeetsHealthy

Ayam Daging ayam termasuk yang paling mudah diolah. Anda bisa menggunakan ayam potong bagian paha atas, atau fillet jika Anda ingin membuat sate atau skewer (tusuk sate dari besi). Bumbui dengan garam, merica, dan saus barbeque sebagai olesan. Nikmati dengan kentang goreng, kentang tumbuk, atau salad kentang. Anda juga bisa menikmatinya dengan kimchi jika Anda suka.

 Sumber: BBCI

Burger Sekali-sekali, coba bikin daging burger sendiri. Bahan bakunya antara lain daging giling, telur, bread crumbs, susu evaporasi, merica, bawang putih, dan saus. Buat ketebalannya 2 cm, lalu panggang dalam suhu sekitar 62 derajat Celcius dengan tingkat kematangan medium rare, medium, medium well, hingga welldone. Kecuali Anda menggunakan daging ayam, yang sebaiknya dipanggang hingga welldone. Gunakan suhu tinggi dan panas langsung. Tumpuk daging burger dalam roti bun untuk menikmatinya.

 

Sumber: Taste

Udang, cumi Hidangan laut lainnya yang cocok dimasak barbeque adalah udang dan cumi. Olesi udang atau celup cumi ke dalam campuran saus barbeque, madu, saus tomat, dan mentega sebelum dipanggang. Saus ini tentunya untuk meningkatkan citarasa udang dan cumi. Udang bisa dipanggang dengan atau tanpa kulitnya. Kalau Anda termasuk yang malas mengupas udang, kupas saja kulitnya sebelum dipanggang kecuali bagian ekornya. Mengupas kulit udang juga membuat saus perendam lebih meresap ke dagingnya. Setelah itu sajikan udang bakar begitu saja, atau dijadikan sate.

Sumber: Loronginfo

Sosis, bakso Sosis atau bakso akan menjadi bahan makanan BBQ yang disukai anak-anak karena cukup ditusuk dengan garpu untuk menyantapnya. Bisa juga dijadikan sate dan dibuat berselang-seling dengan potongan nenas dan paprika. Atau disajikan utuh lalu ditusuk sate. Untuk bakso, rendam dengan saus barbeque dan kecap sebelum dibakar. Anda bisa menyantap sosis barbeque ini dengan kentang wedges dan saus tartar, atau ditemani macaroni & cheese.

Sumber: Blogspot

Jagung Tak lengkap acara barbeque party tanpa kehadiran si jagung bakar. Jagung bakar ini bisa menjadi sesi appetizer maupun makanan penutup. Olesi jagung dengan macam-macam saus tergantung selera, dari saus barbeque dengan madu, saus tomat, saus pedas, atau saus bawang keju. Dijamin Anda pasti akan nambah terus dan nambah terus, tak peduli kulit jagung nyempil di sela-sela gigi. Nikmati dengan keripik kentang yang menggugah selera.

Hm… jadi tak sabar kan ingin segera menyiapkan pesta barbeque untuk Tahun Baru?

This Page is Under Construction